Malam Lailatul Qadar

RAMADAN bulan kesembilan dalam kalender Islam, bulan paling dinanti dan berfungsi sebagai waktu refleksi spiritual yang mendalam. Di bulan suci ini, banyak umat Islam serius dalam ibadahnya demi mendapatkan berkah Ramadan. Ramadan memang menjadi bulan yang istimewa dan penuh keberkahan, terutama di sepuluh malam terakhirnya.

Malam Lailatul Qadar, yang hanya terjadi pada bulan Ramadan adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dinanti-nantikan setiap Ramadan karena memiliki banyak keutamaan.

Seseorang yang mendapatkan keberkahan di malam itu, ia akan mendapatkan pahala berlipat ganda. Malam Lailatul Qadar disebut sebagai malam penetapan. Karena malam itu Allah SWT menetapkan segala sesuatu untuk tahun tersebut, baik hal-hal terkait dengan kebaikan atau keburukan, termasuk juga urusan pengaturan rezeki dan keberkahan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa bagi umat Islam. Pada malam tersebut Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Malam Lailatul Qadar juga disebut malam kesejahteraan, yang dimulai malam hari hingga terbitnya fajar. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan, tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (al-Qadr: 1-5).

Dua peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadan adalah Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar. Keduanya sama-sama berhubungan dengan turunnya kitab suci Alquran. Nuzulul Quran adalah waktu di mana Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril. Sementara, Lailatul Qadar adalah malam turunnya Alquran, yang memiliki keistimewaan lebih baik dari seribu bulan. Kendati demikian, Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar merupakan peristiwa yang berbeda.

Mayoritas pendapat ulama menyatakan, malam Lailatul Qadar ada di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam ke sepuluh terakhir di bulan Ramadan. Hal itu sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, “Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan.”

BERITA REKOMENDASI