Kolaborasi Pecinta dan Pengelola Museum Tingkatkan Jumlah Kunjungan

YOGYA (KRjogja.com) – Makna yang tersimpan dalam benda-benda peninggalan di museum selama ini tak disadari oleh masyarakat. Minimnya kunjungan masyarakat Yogyakarta ke museum-museum menjadi penyebab utama dari keadaan tersebut.

Oleh karena itu, keadaan museum yang sepi pengunjung seperti mati segan hidup tak mau tersebut harus ditanggulangi bersama-sama dengan saling berkolaborasi. "Kita harus bersama-sama melakukan sesuatu agar museum ramai dikunjungi. Ini pekerjaan rumah untuk pengelola museum, komunitas pecinta museum dan praktisi museum," ujar Hanitianto Judo, penggagas Jogja Museum Society, dalam Dialog Budaya Membangun Generasi Pecinta Museum, Rabu (14/06/2017).

Kolaborasi yang dilakukan diharapkan menghasilkan gagasan kreatif dan inovatif untuk mempromosikan museum-museum di Yogyakarta. Sejauh ini, bentuk kolaborasi yang dilakukan di Yogyakarta adalah masyarakat pecinta museum yang mengadakan acara pameran seni maupun peluncuran buku di museum. Hal tersebut mereka lakukan supaya masyarakat luas menyadari keberadaan museum beserta isi-isinya.

Baca Juga : Strategi Promosi Museum Harus Sesuai dengan Target Pengunjung

"Maka itulah peran pengelola museum, jika ada masyarakat yang ingin mengadakan acara atau ide-ide baru untuk mempromosikan museum, harus didukung sepenuhnya, ya saling berkolaborasi saja," sambung Judo.

Menurut RM Donny Surya Megananda, pemilik Museum Wayang Kekayon, seseorang di balik museum alias pengelola museum juga memegang peranan penting dalam mempromosikan museum. "Jadi bagaimana pengelola mengatur dana untuk promosi dan pemeliharaan museum agar menghasilkan pengunjung yang sustainable," ujar Donny.

Pembicara lainnya Agung Purwandono selaku Pemimpin Redaksi KRjogja.com menegaskan pentingnya kolaborasi. Media menurutnya memegang peranan penting untuk ikut mempromosikan museum sehingga perlu digandeng.
Dialog Budaya yang mengusung tema 'Membangun Generasi Pecinta Museum' yang diselenggarakan Kementerian Informasi RI, Museum Pers Nasional Surakarta dan Jogja Museum Society diikuti komunitas pecinta museum di Yogyakarta, stakeholder maupun pengelola museum di DIY dan Jawa Tengah. (MG-07)

BERITA REKOMENDASI