Tak Banyak yang Tahu Burung Garuda Mengalami Perubahan Bentuk Sejak 2009

YOGYA, KRJOGJA.com – Tahun 2009, pemerintah mengeluarkan UU No 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan. Perubahan itu menyebabkan lambang burung garuda mengalami perubahan bentuk.

Tidak ada sosialisasi atau pemberitahuan kepada masyarakat saat itu. Padahal perubahan bentuk garuda yang juga dikenal sebagai Garuda Pancasila itu cukup signifikan.

Nanang Rahmat Hidayat, dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sekaligus pemilik Museum Rumah Garuda menjelaskan, ukuran pada postur garuda membuat lambang Negara Indonesia itu justru terlihat kurang proposional. Kemudian dari berbagai perubahan tersebut ada satu yang sangat drastis yakni perubahan warna pada lambang padi dan kapas.

Jika sebelumnya warna padi dan kapas berwarna emas, saat ini ada perubahan warna kuning keemasan pada gambar padi dan warna putih hijau untuk gambar kapas. "Secara filosofi, walaupun hanya warna maknanya psti berubah. Namun hal tersebut hingga saat ini juga tidak dijelaskan pemerintah," katanya. (*-3)

Baca Juga : Sejarah Burung Garuda Ada di Rumah Ini
 

 

BERITA REKOMENDASI