GAC Peduli Sesama, Gowes Sambil Bantu Masyarakat Tak Mampu

PENGUSAHA muda Kota Semarang punya cara unik untuk menggalang kepedulian terhadap sesama, kususnya warga masyarakat kurang mampu di tengah pandemi COVID-19. Mereka menggunakan kegiatan bersepeda untuk membangun kepedulian terhadap sesama.

Gowes Alimdo Club (GAC) awalnya adalah kumpulan pehobi sepeda yang semata-mata kegiatannya untuk olahraga cari keringat dan rekreasi keliling Kota Semarang. COVID-19 yang melanda Kota Semarang sejak tiga bulan lalu, sempat meliburkan kegiatan rutin mereka karena Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM). Baru 2 bulan lalu kemudian Sunatha Liman Said, salah satu diantara yang aktif nyepeda menginisiasi perkumpulan bernama Gowes Alimdo Club (GWC) dengan tujuan yang lebih luas, yakni nyepeda sambil peduli membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19. Akhirnya sejak Mei itulah kegiatan nyepeda tidak melulu mendatangi destinasi wisata karena masih ditutup pemerintah, melainkan masuk ke kampung-kampung pinggiran Kota Semarang untuk mencari warga kurang mampu yang terdampak Pandemi Covid-19.

Di perkampungan-perkampungan itulah GAC melancarkan aksi sosial yang dinamai ‘GAC Peduli’. “Para anggota yang umumnya pengusaha ini kemudian menggalang donasi dan selalu membawa sembako ke kampung-kampung yang warganya butuh bantuan karena secara ekonomi mereka kurang mampu. Untuk menemukan mereka kami dibantu dan bekerjasama dengan Polsek dan Koramil setempat. GAC juga bekerjasama dengan Polrestabes Semarang, Kodim 0733 BS Semarang, juga Denpom IV/5 Semarang dalam menggelar kegiatan Bhakti Sosial. Intinya kami ingin membantu kepedulian sesama melalui kegiatan bersepeda,” ujar Sunatha Liman Said.

BERITA REKOMENDASI