Keluh Kesah Bagikan 700 Nasi di 7 Kota dan 3 Pulau

YOGYA, KRJOGJA.com – Berawal dari keinginan berbagi, Keluhkesah Community (Keluhkesah.co) membagikan 700 pak nasi di 7 kota dan 3 pulau di Indonesia secara serentak pada Sabtu (21/12/2019). Adapun kota-kota yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Yogyakarta, Palu, Malang, Semarang, Bogor, Makassar, dan Banjarmasin.

"Kegiatan ini sebagai bentuk memaknai kekurangan. Sebagai komuitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan kami ingin berbagi," kata founder Keluhkesah.co, Reza Malik Akbar (22). Mahasiswa magister psikologi profesi Universitas Mercu Buana Yogyaka ini punya impian untuk berbagi dan ide-edukasi kepada masyarakat di kota kelahirannya, Palu dan Yogyakarta sebagai tempatnya belajar.

Bentuk kegiatan memaknai kekurangan yang dilakukan Reza Malik kali ini adalah dengan membagikan 700 nasi di 7 kota yang berada di 3 pula berbeda di Indonesia yang serentak diselenggarakan pada hari Sabtu 21 Desember 2019.

Yogyakarta yang menjadi pusat dari kegiatan ini membagikan 175 nasi yang disalurkan didua konsep acara berbeda yaitu edukasi kepada anak-anak pinggiran Kali Code dan disalurkan secara langsung kepada orang-orang yang membutuhkan lainnya dengan mengeliling kota Yogyakarta.

Sedangkan di kota-kota lainnya KeluhKesah.co bekerja sama dengan beberapa komunitas dan organisasi dari tujuh kota tersebut. Di kota Semarang, kegiatan ini bekerja sama dengan komunitas Forum Bidik Misi Sulatan Agung (FORBISA) dan Keluarga Mahasiswa Nahdatul Ulama Universitas Islam Sultan Agung (KMNU UNISSULA) serta Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidik Misi Nasional Wilayah Semarang (PERMADANI SEMARANG).

Di Kota Bogor, acara ini bekerja sama dengan komunitas Lemari Buku-Buku. Selain itu di kota Malang sendiri, acara ini bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Sulawesi Tengah (IPPMST MALANG). Di Kota Makassar dan Banjarmasin masing-masing bekerja sama dengan Komunitas Gondrong Makassar, Orang Baik Banjarmasin dan Young on Top Banjarmasin.

Di Kota Palu, acara ini bekerja sama dengan lima komunitas seperti Notesa Nte Notutura, Pola Pertolongan Allah LC PALU (PPA LC PALU), Rumah Berbagi.id, Kajian Mujahid SMADA (KAMUS) dan Duta Wisata Sulawesi Tengah.

Serta di kota Yogyakarta yang merupakan pusat dari kegiatan ini yang bekerja sama dengan Rumah Belajar Indonesia Bangkit (RBIB), Himpunan Mahasiswa Psikologi Universitas Islam Indonesia (HIMAPSI UII) dan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Palu DIY (IKPMP DIY). Adapun acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Desember 2019 di seluruh kota.

Menurut Reza Malik, tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menyalurkan bantuan dari para donatur yang memiliki  kelebihan agar menjadi lebih bermakna bagi orang-orang yang membutuhkan. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini KeluhKesah.co dapat menjalin silaturahmi dengan beberapa komunitas dan lembaga sosial di Indonesia lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI