Pelatihan Menulis Cerita Rakyat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta sedang melaksanakan pelatihan menulis cerita rakyat dalam rangka Pemberdayaan Sekolah Pindul di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan sarana kreativitas sastra anak sebagai bentuk pembudayaan bahasa dan sastra Indonesia di masyarakat. 

Program ini diasuh Nurhidayah, M.Hum. Pelatihan menulis cerita rakyat ini menyasar anak-anak usia 9-12 tahun atau setara dengan anak SD kelas 4-5. Sekolah Pindul menjadi tempat program pemberdayaan karena di Desa Bejiharjo memiliki fasilitas yang lengkap namun belum dimanfaatkan dengan optimal termasuk Sekolah Pindul. 

Untuk itu, diperlukan sebuah inovasi baru agar minat anak-anak belajar di Sekolah  Pindul dapat meningkat. Pemberdayaan Sekolah  Pindul menjadi solusi bersama masyarakat Desa Bejiharjo dan tim pelaksana yang terdiri dari Dyah Ayu Putri Utami, Luthfina Lailatul Mahmudah, Fadzilah Dewi Subekti, dan Anggreyani Praditiya Utami.

Program ini memberikan pelatihan kepada anak-anak mengenai menulis cerita rakyat yang terdapat di Desa Bejiharjo.  Pelatiahan menulis cerita rakyat ini dilaksanakan selama delapan kali pertemuan setiap minggu mulai bulan April bertempat di Sekolah Pindul, Desa Bejiharjo, Karangmojo Gunungkidul. Pada pertemuan pertama anak-anak sangat antusias saat mengikuti pelatihan ini. Pada pertemuan awal untuk pelatihan ini hanya untuk melihat seberapa tahu anak-anak di Desa Bejiharjo, Karangmojo Gunungkidul memahami tentang cerita rakyat. 

Pelatihan dikemas semenarik mungkin dengan penggunaan media pembelajaran dan belajar sambil bermain (game). Dapat diketahui pengetahuan anak di Desa Bejiharjo tentang cerita rakyat sudah baik, diharapkan anak-anak mampu mengikuti pelatihan menulis cerita rakyat ini. (*)

BERITA REKOMENDASI