Literasi Statistik

SEBENARNYA statistik tanpa disadari sudah sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, coba ingat-ingat kegiatan di dapur yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga, Mereka selalu mencicipi masakan untuk memastikan apakah masakan yang diolahnya lezat, Aktifitas mencicipi ini merupakan suatu proses mengambil contoh sebagian dari populasi masakan, yang dalam ranah ilmu statistik dinamakan sampling. Coba saja kalau ujicoba masakan tadi diambil dari seluruh masakan yang ada atau dilakukan secara sensus, tentu bapak dan anak-anak tidak kebagian masakan lezat si ibu dan ibu harus memasak ulang untuk bahan hidangan keluarga.

Aktivitas mencoba buah yang hendak dibeli dari bakul buah juga merupakan peristiwa statistik. Si Pembeli mengambil buah secara sembarang atau secara acak dari sekumpulan buah yang dibawa oleh bakul buah. Setelah dirasakan buah yang dimakan ranum dan legit. Pembeli memutuskan untuk membeli buah, Tapi sebaliknya berbeda jika buah yang dicicipi pembeli diambilkan oleh bakul buah dengan memilih buah buah yang ranum saja, padahal aebenarnya sebagian besar buah dagangannya kurang baik. Tentu kekecewaan Pembeli bakal meledak setelah tahu buah yang dibelinya tidak ranum dan legit.

Sekelumit kisah aktivitas yang berkaitan dengan statistik menjadi sumber inspiratif dalam menyajikan artikel literasi statistik berikut ini.

Secara harfiah definisi literasi statistik adalah kemampuan untuk memahami bahasa statistik: kata, simbol, dan istilah. Mampu menginterpretasikan makna statistik, serta mampu membaca dan memahami statistik dalam berita, media, jajak pendapat, dan lain-lain (Garfield, 1999; Hovermill, Beaudrie & Boschmans, 2014, p. 1; Takaria, 2016).

BERITA REKOMENDASI