Mengenal Aplikasi Payroll : Pengertian, Jenis, dan Cara Menjalankannya

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Mengelola bisnis di dalam sebuah perusahaan bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dipahami sebagai seorang manajer yang ingin mengembangkan perusahaan yang ia miliki baik dari segi pengelolaan barang, melayani konsumen, hingga mengelola karyawan dengan baik termasuk dalam sistem penggajian karyawan setiap bulannya. Salah satu sistem penggajian yang juga banyak digunakan di perusahaan adalah sistem penggajian menggunakan aplikasi payroll.

Di dalam artikel kali ini, kami akan mengulas secara lengkap apa itu aplikasi payroll, jenis-jenisnya, cara penggunaannya, kelebihan dan kekurangannya, serta rekomendasi aplikasi yang dapat Anda gunakan sebagai mitra manajemen di perusahaan Anda.

Pengertian Aplikasi Payroll 

Aplikasi payroll merupakan salah satu jenis software yang membantu mempermudah manajemen dalam perusahaan untuk membagi gaji para karyawan yang bekerja. Perusahaan dapat memasukkan unsur perhitungan yang ada di dalam aplikasi, seperti kehadiran, lembur, tunjangan, PPh, uang makan, dan BPJS.

Software aplikasi ini pada umumnya merupakan alat yang dimiliki atau dioperasikan oleh bagian pengelola karyawan atau Human Resource Development (HRD) yang ada di dalam sebuah perusahaan.

Jenis-jenis Aplikasi Payroll

Jenis-jenis aplikasi payroll yang sering digunakan secara umum biasanya adalah payroll service, cloud payroll, dan payroll hosted. Di mana ketiganya memiliki fungsi masing-masing dan tipe masing-masing untuk kebutuhan perusahaan yang juga berbeda-beda.

Aplikasi yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan adalah payroll service, di mana jenis aplikasi tersebut memiliki keunggulan dengan dapat memasukkan data perusahaan ke dalam server payroll tersebut.

Jenis aplikasi payroll yang kedua adalah payroll hosted, yang mana aplikasi tersebut memanfaatkan jasa pihak ketiga untuk mengoperasikan data dan penggajian karyawan.

Ketiga, ada aplikasi payroll dengan jenis cloud payroll. Apa itu cloud payroll? Aplikasi tersebut merupakan sistem penggajian yang menggunakan basis cloud sebagai penyimpanan data perusahaan.

Cara menjalankan aplikasi Payroll

Memanfaatkan layanan payroll menggunakan aplikasi dengan bantuan pihak ketiga merupakan cara mudah bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kinerja HRD.

Cara untuk memulai membuka kerjasama dengan penyedia layanan aplikasi payroll sangatlah mudah. Salah satu rekomendasi penyedia layanan terbaik adalah dengan layanan aplikasi payroll dari Talenta by Mekari.

Dengan memanfaatkan layanan dari Mekari by Talenta dengan mengakses langsung melalui website resmi melalui https://www.talenta.co/fitur/software-hris/manajemen-aset/. Ada berbagai macam layanan dan fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan di dalam software Talenta ini. (*)

BERITA REKOMENDASI