Hiii…Penunggu Dandang Kuno Marah Tidurnya Diganggu

Editor: KRjogja/Gus

DANDANG adalah salah satu piranti dapur untuk menanak nasi. Terbuat dari logam tembaga. Saat ini sudah jarang orang menanak nasi menggunakan dandang. Di dusun Kemasan, salah satu orang yang masih mempunyai dandang adalah Mbokde Jiyo (bukan nama sebenarnya). Konon, dandang milik Mbokde Jiyo usianya sudah ratusan tahun. Dan tidak pernah lagi dipakai untuk menanak nasi.

“Mbok pinjam punyanya Bu Erte saja, Tum. Dandangku itu sok nyleneh je,” ujar Mbokde Jiyo ketika Yu Tumon (nama samaran), seorang tukang adang ( tukang menanak nasi dengan dandang ), akan meminjam dandangnya.

“Nyleneh bagaimana?! Kan ya dandang lumrah to,” jawab Yu Tumon setengah memaksa. Mbokde Jiyo tidak bisa bersikukuh. Terpaksa meminjamkan dandang kuna miliknya.

Seperti dilansir dari harianmerapi.com, menjadi tukang adang sudah puluhan tahun dijalani Yu Tumon. Kala itu dia dimintai tolong oleh salah satu tetangganya yang punya hajad menyunatkan anak laki-lakinya. Sambil rengeng-rengeng tukang adang tersebut menunggu nasi yang ditanak. Diperkirakan nasi sudah masak, Yu Tumon membuka tutup dandang.

Betapa kagetnya Yu Tumon. Ketika tutup dandang itu dia angkat, terlihat olehnya sesosok tubuh anak kecil meringkuk di dalam dandang. “Ngawur saja! Lagi enak-enak tidur, kau godhog,” ujar sosok kecil itu dengan nada sangat marah. Spontan bangun dan memandang Yu Tumon dengan mata melotot.

BERITA REKOMENDASI