Istana Ratu Kidul Soko Domas Bale Kencono

ISTANA Kanjeng Ratu Kidul bernama Soko Domas Bale Kencono. Kraton ini berada di dasar samudra selatan. Istana ini sungguh indah karena terbuat dari emas, intan, mutiara, berlian yang berkilauan.

Bagi masyarakat Jawa ceritera Kanjeng Ratu Kidul tidak asing lagi. Ceritera ini dikaitkan dengan kisah Sutawijaya sebagai pendiri negara Mataram. Sekilas sudah saya singgung di bagian lain, namun perlu kiranya kita ketahui lebih lanjut ceritanya. Di dalam Babad Tanah Jawi tulisan antara lain diceriterakan bahwa setelah Sutawijaya mendapatkan wahyu keraton, ia lalu pergi melalui sungai (ngeli) menuju ke laut Selatan. Sesampainya di tepi laut ia lalu bersemadi dan berdoa kepada Tuhan, menjadikan lautan bergoncang dan bergelombang hebat. Kanjeng Ratu Kidul merasakan akibat goncangan itu, lalu keluar dari kratonnya dan bertemu dengan Sutawijaya.

“Ratu Kidul angandika aris salawase ingsun durung mulat. Samodra kaya mangkene, kaya baskara runtuh, dene toya panas lir geni, sagara lir kinela, akeh mina lampus, kiyamat sajro samodra, nyaira Kidul sigra umesat tumuli, saking puranira.”

BERITA REKOMENDASI