Mak-mak Misterius Pemulung Jemuran Malam-malam, Siapa Dia?

Editor: KRjogja/Gus

LAHAN jemuran itu penuh pakaian para santri. Ada ratusan bahkan ribuan kain yang dikeringkan dengan sinar matahari. Malahan saking banyaknya, hingga kering pun belum terpaksa sudah dipulung. Biasanya mereka lupa dan membiarkan hingga ada yang tertiup angin ke selokan. Dan tahu-tahu ada lelangan pakaian dan harus melelangnya sendiri.

Termasuk Tri, juga sering teledor tak segera mengambil jemur cuciannya. Bahkan sering sekali hingga pagi baru diambil setelah dari kegiatan di masjid. Biasanya pukul 16.00 sudah dipulung. Namun kini ia menjumput jemurannya hingga pukul 19.00. Padahal tiba waktu sembahyang.

Betapa kaget Tri, tak jauh dari tempatnya berdiri ada seorang mak-mak, yang juga ikutan memulung pakaian dengan santainya. Padahal area itu untuk dikhususkan bagi para santri.

“Benarkah apa yang ia lakukan disini?” tanya Tri dalam hati.

Ia mengira itu adalah Mak Dapur, padahal beliau pukul 18.00 jadwalnya menyiapkan makan malam para santri. Pikiran Tri kian penasaran.

“Apakah alih tugas?”

Timbul berbagai tanda tanya.

“Betulkah Mak Dapur?”

Tri makin penasaran. “Masa waktu segini malah mengurusi pakaian di lahan jemuran santri!”

Tanpa pikir panjang Tri segera meninggalkan area.

Keesokan harinya Tri mendapat kabar dari Dar, yang juga sudah larut malam baru memulung jemurannya. Dar juga menemui penjemur pakaian seorang mak-mak.

“Siapa dia?”

Rupanya ia juga kaget saat ada sosok ibu yang memulung jemuran. Padahal sudah larut malam. Dua sahabat ini hanya diam saja dengan apa yang mereka alami. Namun ternyata ada teman lain yang mengatakan telah menjumpai sosok Mak-mak di tempat jemuran. Padahal Mak Dapur saat itu sedang pulang kampung tengok saudaranya yang baru ada hajat mantu.

“Hadew, siapa dia?”

Mereka akhirnya mencari informasi pada ketua kamar.

“Itu sebagai isyarat agar kalian disiplin!” kata ketua kamar.

Setelah kejadian itu, mereka pun tak pernah lagi mengambil jemuran sampai malam. (semua nama samaran)

 

 

BERITA REKOMENDASI