Misteri Sendang Pocot, Dipercaya Mampu Copot Jabatan Seseorang

Melihat hal itu, Sunan Kalijaga lantas menancapkan tongkatnya dan keluarlah sumber mata air yang jernih dan berlimpah untuk membandingkan Jebeng Cokro Joyo. Tak disangka, setelah dimandiman, Jebeng Cokro Joyo yang mati dalam keadaan gosong dapat hidup kembali.

Sehingga mata air tempat ditancapkan tongkat Sunan Kalijaga saat ini dikenal sebagai Blumbang Banyuurip atau Banyu Penguripan. Sementara tempat untuk membuang kotoran Jebeng Cokro Joyo dikenal sebagai Sendang Pocot.

Sebagai tempat yang cukup angker, jarang ada orang berani datang ke Sendang Pocot. Untuk itu setiap tamu yang memiliki hajat tertentu biasa menghubungi Tamar, panggilan akrab Safrudin Tamar yang tak lain cucu Ki Narto Wiryo untuk melakukan ritual. Melalui Sendang Pocot ini siapapun bisa mencopot jabatan seorang pemimpin yang diketahui zalim dan menyengsarakan rakyat.

Untuk persyaratan ritual cukup mudah, hanya menyediakan sesaji maupun uba rampe yang dibutuhkan. “Selain mencopot jabatan, Sendang Pocot juga sering digunakan untuk mengalahkan musuh. Tetapi semua tergantung keyakinan dan didasari atas kuasa Allah,” tegas Tamar. (Usa)

BERITA REKOMENDASI