Nenek Misterius Itu Hantarkan Beras, Siapa Dia?

Editor: KRjogja/Gus

GENAP satu minggu Slamet menganggur. Padahal ia menanggung nafkah istri dan tiga anak yang masih kecil-kecil. Setiap hari ia mencari informasi proyek pembangunan rumah, atau apa saja yang masih butuh tenaganya sebagai kuli. Tak lupa ia berdoa khusyu. Tetapi keadaannya belum berubah. Dan hari ini tak ada lagi beras di rumah.

Seperti dikutip dari Harianmerapi.com, untuk meredakan galau, Slamet berbaring di lincak ruang tamu. Saat itulah ibunya yang sudah sepuh datang bertandang. “Deneng sepi? Pada ke mana?” Slamet hanya menggumam tanpa membuka mata.

Baru sebentar di dalam, ibunya sudah keluar lagi. “Itu ya, di belakang!” ucapnya sambil pergi. Slamet serta merta duduk. Ia merasa aneh melihat kecepatan ibunya. Karena biasanya beliau berjalan pelan-pelan, sambil berpegangan dinding.

Merasa penasaran Slamet segera menyusul ke rumah ibunya, yang berada di samping rumahnya. “Bu! Tadi ada perlu apa ke rumahku?” panggilnya.

“Siapa yang ke rumahmu?” Ibunya menjawab dari kamar. “Dari tadi ibu tiduran di kamar.” Slamet melongo. Apalagi setelah ia melihat penampilan ibunya yang lesu, sungguh berbeda dengan yang tadi.

Slamet pulang dengan perasaan bingung. Sampai di rumah, istrinya menyambut sambil menunjukkan bungkusan besar. “Ini dari siapa, Mas? Kulihat di lantai dapur.”

“Coba buka,” perintah Slamet. Setelah mereka tahu isinya istrinya spontan mengucap hamdalah. Isi bungkusan itu adalah beras beberapa kilo, dan amplop putih berisi beberapa lembar seratusan ribu.

“Baik banget orang yang ngasih ini, ya, Mas! Alhamdulillah,” ucap istrinya berulangkali. Slamet bertanya-tanya dalam hati. Siapa perempuan tua yang mirip ibunya tadi? Malaikatkah? (Gita FU)

 

 

BERITA REKOMENDASI