‘KR’, Sumber Referensi yang Migunani

Editor: Ivan Aditya

HARIAN Kedaulatan Rakyat (KR) tahun 2016 ini berusia 71 tahun. Usia yang dapat dikatakan tidak muda tersebut tetap menjadi idola pembaca. Selain mengulas berita dengan ‘gaya khas’-nya, KR dapat dikatakan pula merupakan sumber referensi yang migunani bagi pembacanya dengan adanya rubrik yang beraneka ragam.

Bukan menyanjung. Namun penulis mengatakan bahwa KR merupakan sumber referensi yang migunani dikarenakan menyajikan berbagai rubrik yang pantas dibaca pembaca. Sehingga menambah khazanah pengetahuan di segala bidang. Mulai dari pendidikan, fashion, pertanian, digital dan lain sebagainya. Hal tersebut dapat dilihat sajian setiap harinya.

Jika ingin mengetahui dinamika pendidikan di DIY dan Jawa Tengah, KR menyajikan rubrik Pendidikan setiap harinya mulai Senin – Sabtu. Rubrik Ekonomi (berita perekonomian), Panggung (berita hiburan), Internasional (berita tentang seluruh dunia) setiap hari Senin – Sabtu, sedangkan Olahraga (berita olahraga) tersaji setiap hari Senin – Minggu sebagai pelengkap berita dari berbagai daerah. Derap dinamika Kampus terutama di daerah DIY, dapat dibaca setiap hari Selasa dengan rubrik ‘Swara Kampus’. Hari Rabu, pembaca dapat membaca rubrik andalan Otomotif (mengenai otomotif) dan Griya (rumah). Sementara Kamis, pembaca dimanjakan dengan rubrik Digital (teknologi digital dan informasi). Pada hari Jumat, ulasan dari wartawan pelajar ‘Kaca’ menyajikan dunia remaja dengan rubrik Kaca. Sementara hari Sabtu, pembaca dapat mengenal objek wisata di negeri sendiri ataupun luar negeri dengan sajian di rubrik Pariwisata.

Dibuat Kliping

Lebih memanjakan pembacanya ialah hari Minggu, banyak rubrik yang tersaji di hari Minggu. Pembaca akan mendapatkan referensi segala hal yang berkaitan dengan keluarga (rubrik Keluarga), kesehatan (rubrik Husada), masakan (rubrik Kulinaria), pertanian dan peternakan (Rubrik Kandha Raharja), tampilan Bahasa Jawa (rubrik Mekar Sari), catatan budaya (rubrik Budaya), buku – buku baru (rubrik Pustaka) dan tren busana (rubrik Gaya Hidup).

Berbagai rubrik-rubrik yang migunani tersebut bila dikumpulkan menjadi satu baik dengan media apapun, seperti elektronik, digital bahkan manual (dibuat kliping) akan menjadikan sumber referensi yang bermanfaat bagi pembaca ataupun bagi yang membutuhkan. Baik sebagai media pelengkap guru/dosen dalam mengajar dan penunjang tugas-tugas yang ditugaskan kepada anak didik/mahasiswa maupun pembuatan karya tulis sampai ‘bahan pustaka’ yang sewaktu-waktu dapat dibuka saat diperlukan. Sebagai contoh bila KR dengan rubrik migunani dalam sehari dikumpulkan kemudian dalam seminggu dikliping bila dihitung akan lebih dari sepuluh referensi yang bisa didapatkan. Itupun baru hitungan seminggu, jika dikalikan sebulan, dikalikan lagi setahun tentunya sudah beberapa kliping yang dapat dibuat dan pengetahuan yang didapat akan semakin luas.

Apalagi referensi yang tampil di berbagai rubrik tersebut sudah mengalami berbagai proses yang begitu panjang. Berawal dari sebuah naskah yang dikirim pembaca ataupun dibuat wartawan KR sendiri, kemudian diuji memiliki kebermanfaatan bagi pembacanya ataupun tidak untuk layak atau tidak layak ditampilkan. Sehingga ketika naskah telah masuk ke meja redaksi, proses seleksi sampai proses editing redaktur yang lagi – lagi dengan penuh kehati – hatian layak ataupun tidak layak hadir kepada pembacanya. Akhirnya, referensi yang didapatkan di rubrik – rubrik KR dapat terjamin kebenarannya dan kualitasnya sehingga dapat dimanfaatkan orang banyak. Ditambah lagi bila referensi yang ada tersebut dipraktikkan dalam kehidupan sehari- hari sehingga tujuan utamanya yaitu bermanfaat dan dimanfaatkan masyarakat telah tercapai.

Misi Mencerdaskan Dengan kata lain, langgengnya sebuah media massa berawal dari sebuah berita dan sajian yang menarik pembacanya untuk menjadikan ‘idola’ bacaan setiap harinya. Apalagi ditunjang dengan beragam rubrik yang bermanfaat dan memberikan informasi yang belum didapat masyarakat namun sangat dibutuhkan saat ini. Artinya KR telah membawa misi mencerdaskan pembacanya. Mulai dari berita – beritanya yang terpercaya dan rubrik – rubriknya beraneka ragam yang tidak membuat kecewa bagi pembacanya.

Peran KR sebagai sumber referensi yang migunani dengan tampilan berita maupun rubrik yang ada tentunya akan selalu dinantikan oleh pembaca setia setiap harinya.

(Fahmi Ahmadi MPsi. Psikolog Keluarga Yayasan ‘Lentera’ Yogyakarta. Artikel ini dimuat Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Selasa 27 September 2016)

BERITA REKOMENDASI