Arah Pembelajaran Saat Wabah

SUDAH hampir setahun wabah Covid-19 melanda bangsa Indonesia. Hingga hari ini belum ada tanda-tanda akan mereda bahkan trennya semakin naik sehingga Pemerintah menerapkan PSBB yang lebih di Pulau Jawa dan Bali. Sekalipun vaksin telah didistribusikan dan dinyatakan halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI.)

Hampir semua sektor kehidupan manusia terkena dampak wabah Covid-19, mulai dari sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, budaya, olahraga, dan sebagainya. Akibat masih tingginya penyebaran wabah ini, Pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan sosial berskala besar di Jawa-Bali mulai tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2021. PSBB yang lebih ketat dalam bidang pendidikan adalah dengan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

Sehingga pembelajaran tatap muka atau belajar di sekolah yang awalnya akan dilaksanakan Januari 2021 sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, belum sepenuhnya dapat dilaksanakan. Sebab dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kesehatan pendidik, anak didik, tenaga pendidikan dan masyarakat. Dan bukan tidak mungkin akan menjadi kluster baru penyebaran virus corona yang semakin merajalela seperti sekarang ini.

BERITA REKOMENDASI