ISEINOMICS

KONGRES Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) telah dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2021 di Makassar secara daring. Perry Warjiyo secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum ISEI periode 2021-2024. Dalam sambutan pembukaan kongres tersebut, Presiden Jokowi berharap ISEI memberikan gagasan segar akselerasi penerapan digitalisasi untuk pemulihan ekonomi nasional. Selanjutnya Presiden juga menekankan percepatan transformasi ekonomi yang membutuhkan sinergi berbagai pihak. Dalam percepatan pemulihan ekonomi, sinergi adalah kunci karena kompleksnya persoalan ekonomi.

Merespon harapan Presiden Jokowi, Ketua Umum ISEI yang baru menegaskan beberapa strategi pokok yang dapat dijalankan. Pertama, memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi. ISEI dapat memberikan rekomendasi kebijakan melalui kajian-kajian yang berkaitan dengan sinergi kebijakan ekonomi dari berbagai pihak, khususnya Pemerintah (Pusat dan Daerah), Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kedua, terlibat dalam penguatan sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Sinergi termaksud diharapkan bisa sinkron dengan kebijakan di bidang kesehatan seperti pelaksanaan PPKM, vaksinasi, dan pembukaan sektor-sektor ekonomi secara bertahap.

Ketiga, ikut memperkuat strategi inovasi dan implementasi kebijakan transformasi ekonomi di sektor riil untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan. Hal itu dicapai dengan transformasi kebijakan yang berkaitan dengan sektor UMKM dan pertanian; hilirisasi sumber daya alam pada sektor manufaktur; penguatan mata rantai ekonomi lokal, nasional, dan global; pengembangan infrastruktur konektivitas fisik dan digital; serta pengembangan ekonomi kreatif dan kewirausahaan.

Keempat, aktif mendukung percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan maupun di bidang-bidang lainnya seperti pendidikan kesehatan sosial secara menyeluruh melalui digitalisasi sistem pembayaran Bank Indonesia, dan terus mendorong akselerasi ekonomi keuangan digital secara nasional. Diperlukan sinergi erat dengan para digital banking, fintech, dan e-commerce Ini untuk mendorong juga digitalisasi di sektor riil, khususnya di pertanian, UMKM, jasa-jasa, ekonomi kerakyatan dan pengembangan startup untuk berbagai sektor usaha.

BERITA REKOMENDASI