Kiprah PWRI DIY di Tengah Gelombang Pandemi Covid-19

KITA sudah tidak asing lagi dengan sebuah organisasi pensiunan Pegawai Negeri Sipil atau ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berkiprah berskala nasional yaitu PWRI singkatan dari Persatuan Wredatama Republik Indonesia, dengan visi dan misi yang intinya membantu pembangunan bangsa dan negara serta ikut mensejahterakan para pensiunan yang menjadi anggotanya.

Tidak terasa PWRI sudah semakin mapan sejak dibentuk pada tanggal 24 Juli 1962 sampai sekarang ini PWRI berusia yang ke 58 dan sudah berkiprah memberikan pelayanan kepada anggotanya (para pensiunan PNS/ASN) dengan segala pengalaman dan keterbatasan yg ada.

PWRI DIY sebagai batu penjuru di tingkat Provinsi dibantu oleh PWRI Kabupaten dan Kota menyusun program kerja tahunan untuk mensejahterakan anggota dan keluarganya yg sampai saat ini baru berjumlah sekitar 7.500 orang dan tersebar di seluruh kecamatan/ kelurahan DIY.

Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam tahun 2020 dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Frekwensi temu anggota dalam jumlah besar dibatasi baik tingkat Propinsi, Kabupaten/ Kota, maupun tingkat Kapanewon dan Kelurahan dan harus mengacu prosedur kesehatan yang ketat.
  • Diklat kesehatan lansia dengan menggunakan produk herbal, Diklat usaha tanaman anggur, Latihan usaha pertanian.
  • Menghadiri puncak peringatan ultah ke 58 PWRI Tingkat Nasional di Banjarnegara.
  • Menyelenggarakan peringatan ultah ke 58 PWRI DIY yang diselenggarakan di aula Kantor Kesbangpol DIY dan penyerahan piagam penghargaan dan dan uang pembinaan bagi PWRI tingkat kecamatan yg berhasil th 2019.
  • Mendirikan Koperasi serbaguna PUSKOTAMA ‘Hemat’ dan telah memperoleh Badan Hukum dari Dinas Koperasi dan UMM DIY.

Di kabupaten Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, PWRI telah melaksanakan lomba tingkat nasional PWRI Kapanewon Imogiri, penyerahan kursi roda dan sembako dari Kantor Taspen DIY, sosialisasi pencegahan Covid-19, sosialisasi KIS dan sosialisasi kebijakan Kabupaten Sehat dari Dinkes Kabupaten Gunung Kidul. Juga melakukan sosialisasi pencegahan penyakit kanker oleh Yayasan Kanker Indonesia cabang Gunung Kidul serta melakukan musyawarah Kota PWRI Yogyakarta, dilanjutkan Perkenalan Pengurus PWRI Kota Yogyakarta Masa Bakti 2020-2025.

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh PWRI DIY, Kabupaten/Kota dalam melayani anggotanya, ditengah gelombang pandemi covid 19. Dalam semua event PWRI mendapat dukungan baik moril maupun material dari Badan Kesbangpol DIY, Kantor Taspen DIY, Kantor BPJS DIY, BPD DIY dan pihak lain yg bersimpati kepada para pensiunan PNS/ASN. (Y Sudarmadi, bidang Diklat PWRI DIY)

BERITA REKOMENDASI