Memupuk kebhinekaan dalam keberagaman

Namun pada realitanya masih banyak terjadi tragedi disintegrasi sosial disekitar kita. Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia sendiri beberapa kali pernah terguncang oleh aksi dari kelompok-kelompok separatis yang ingin melepaskan diri dari indonesia . selain itu, banyak juga terjadinya aksi-aksi yang menciderai bhineka tunggal ika dalam lingkup agama.

 

Oleh karena itu alangkah lebih baik apabila masyarakat indonesia bisa menanamkan bhineka tunggal ika bisa dalam wujud rasa toleransi terhadap keberagaman yang ada seperti keberagaman suku, agama, ras, dan golongan. Karena tanpa ada kesadaran akan kebhinekaan tersebut ,tentu negara ini akan terus terjadi gesekan yang mengakibatkan disintegrasi dikarenakan keberagaman itu sendiri.

 

Perkembangan teknologi memang sangat cepat. Namun, justru karena perkembangan teknologi yang sangat cepat ini dikarenakan kurangnya kesadaran tentang kebhinekaan justru lebih banyak terjadi konflik – konflik yang disebabkan oleh keberagaman itu sendiri. Oleh karena itu , terkait penanaman rasa kebhinekaan ini menjadi tanggung jawab bersama.

BERITA REKOMENDASI