Pentingnya Kuantitas dan Kredibilitas Ulasan Online serta Pengaruhnya Bagi Minat Beli Konsumen

Editor: Ary B Prass

KRJOGJA.com – Seperti yang diketahui, sampai saat ini pandemi yang disebabkan oleh virus Covid-19 belum sepenuhnya pulih.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan konsumen lebih memilih berbelanja secara daring dengan beberapa alasan, misalnya dilihat dari biaya yang murah, kualitas dan jenis barang yang variatif, dan kemudahan dalam bertransaksi.

Berdasarkan data dari Internetworldstats.com pada tahun 2021, pengguna internet di Indonesia sendiri mencapai 212,354,070 per Juni 2021.

Hal ini pun menjadi bukti bahwa pengguna internet meningkat pesat bahkan pada saat pandemi masih berlangsung. Di sisi lain, trend berbelanja menggunakan e-commerce ataupun marketplace juga makin meningkat.

Berbeda dengan pembelian secara luring yang di mana konsumen dapat melihat barang secara langsung, dalam bisnis e-commerce konsumen menggunakan ulasan daring untuk mengetahui performa suatu produk yang mereka inginkan.

Untuk menumbuhkan keyakinan konsumen sebelum minat menggunakan suatu produk, maka mereka dapat melihat dari jumlah ulasan dan kredibilitas ulasan yang tersedia.

Kredibilitas ialah merujuk kepada tingkat keyakinan konsumen terhadap suatu ulasan tersebut, dan persepsi awal tentang fakta dari tulisan ulasan yang ada.

BERITA REKOMENDASI