Pengenalan Digital Marketing untuk Perupa Muda

COVID-19 berdampak pada seluruh lapisan masyarakat. Di Indonesia sendiri banyak masyarakat yang mengalami PHK (Putus Hubungan Kerja). Oleh karena itu masyarakat mencoba untuk bertahan hidup dengan berjualan secara online. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, tanaman, dan lain sebagainya.

Masyarakat secara tidak langsung diwajibkan untuk menjadi aktif, kreatif dan melek teknologi di masa pandemi ini. Segala bentuk kegatan yang melibatkan interaksi banyak orang dianjurkan untuk melakukan secara online. Pun pada dunia seni rupa, munculnya event-event seni rupa berbasis online mulai memeriahkan dunia seni rupa di Indonesia. Pamera seni dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Secara tahap, pameran virtual senirupa ini tidak berbeda jauh dengan pameran secara offline. Mulai dari catalog yang dibuat secara virtual, pembukaan pameran yang dilakukan secara live di platform-platform yang disepakati, webinar bedah seni dan karya seni, sampai pada penutupan yang dilakukan secara live. Yang membedakan disini adalah apresiasi masyarakat peminat karya para seniman yang tentu saja mengalami penurunan. Hal ini memunculkan ide baru seniman dalam berkarya melalui art merchandise.

BERITA REKOMENDASI