Memupuk kebhinekaan dalam keberagaman

user
tomi 12 April 2021, 13:44 WIB
untitled

Memupuk kebhinekaan dalam keberagaman

Oleh : Raden Sheridan Gitannaja Sadewa

Seperti yang kita ketahui bahwa negara indonesia mempunya dasar negara yaitu pancasila dengan semboyan nya yaitu “bhineka tunggal ika tan hana dharma mangruwa .”

hal ini tentu selaras dengan latar sosial dan budaya di Indonesia yang sangat beragam. Oleh karena itu tentunya rasa toleransi merupakan kunci keutuhan dan kedamaian di NKRI.

Seperti yang kita ketahui bahwa Bahasa daerah di Indonesia sebelumnya berjumlah 668 bahasa, kemudian pada akhir 2019 bertambah menjadi 718 bahasa. Selain itu, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010.

Namun pada realitanya masih banyak terjadi tragedi disintegrasi sosial disekitar kita. Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia sendiri beberapa kali pernah terguncang oleh aksi dari kelompok-kelompok separatis yang ingin melepaskan diri dari indonesia . selain itu, banyak juga terjadinya aksi-aksi yang menciderai bhineka tunggal ika dalam lingkup agama.

Oleh karena itu alangkah lebih baik apabila masyarakat indonesia bisa menanamkan bhineka tunggal ika bisa dalam wujud rasa toleransi terhadap keberagaman yang ada seperti keberagaman suku, agama, ras, dan golongan. Karena tanpa ada kesadaran akan kebhinekaan tersebut ,tentu negara ini akan terus terjadi gesekan yang mengakibatkan disintegrasi dikarenakan keberagaman itu sendiri.

Perkembangan teknologi memang sangat cepat. Namun, justru karena perkembangan teknologi yang sangat cepat ini dikarenakan kurangnya kesadaran tentang kebhinekaan justru lebih banyak terjadi konflik – konflik yang disebabkan oleh keberagaman itu sendiri. Oleh karena itu , terkait penanaman rasa kebhinekaan ini menjadi tanggung jawab bersama.

Untuk menanamkan kesadaran tentang kebhinekaan ini bisa melalui berbagai media yang ada saat ini. Dikarenakan saat ini youtube merupakan salah satu platform terbesar yang digunakan oleh masyarakat indonesia, maka kita bisa menggandeng para content creator untuk membuat konten yang terkandung nilai kebhinekaan di dalamnya.

Sehingga diharapkan dengan kita saling bersinergi untuk menyongsong negara indonesia yang damai dan sejahtera dalam keberagaman yang ada, dan akan mengurangi bahkan mencegah terjadinya konflik atau gesekan yang disebabkan karena keberagaman itu sendiri. (*)

Credits

Bagikan