ZCC Kenalkan Alam Yogyakarta Lewat Gowes

user
tomi 11 Oktober 2020, 15:26 WIB
untitled

YOGYA, KRJOGJA.com - Olahraga bersepeda kini seolah menjadi gaya hidup di Indonesia, termasuk di Yogyakarta. Beberapa waktu terakhir banyak bermunculan komunitas bersepeda dari berbagai jenis sepeda seperti sepeda lipat (seli), MTB, Minion hingga roadbike.

Salah satu yang cukup menyita perhatian baru-baru ini di Yogyakarta yakni ZCC Cycling Community. Menarik, komunitas ini ingin menyatukan para penggemar roadbike untuk bersama-sama merasakan keasyikan gowes di alam Yogyakarta yang secara tak langsung turut mengenalkan pariwisata kepada publik sepeda.

Yuan Djaziem Djaelani, salah satu insiator ZCC mengatakan komunitasnya memang baru terbentuk beberapa waktu terakhir. Namun, ia mengaku ZCC tak main-main ingin menyatukan penggemar roadbike di Yogyakarta dan seluruh Indonesia.

“Kami ingin rangkul komunitas roadbike di DIY yang selama ini mungkin masih sendiri-sendiri, siapa saja boleh ikut gabung olahraga bareng, sehat bareng menikmati alam indah di Yogyakarta. Niat kami ternyata mendapat sambutan baik dari teman-teman penggemar roadbike,” ungkapnya ketika berbincang, Minggu (11/10/2020).

ZCC menurut Yuan memiliki anggota dari berbagai latarbelakang mulai pengusaha, dokter, PNS dan berbagai jenis pekerjaan lainnya. Hal tersebut membuat jejaring ZCC terjalin apik meski baru dibentuk dalam hitungan bulan.

“Kemarin kami ajak gowes bareng , lalu ada teman-teman roadbikers dari Malang yang datang ke Jogja setelah melihat kami gowes di media sosial dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Kami termotivasi ingin ikut mengenalkan Yogyakarta pada penggemar bersepeda roadbike di Indonesia sekaligus membangkitkan ekonomi di masa pandemi. Bulan ini dijadwalkan beberapa tamu dari luar kota termasuk artis-artis yang sekarang gemar bersepeda sudah menjadwalkan datang,” lanjut dia.

Tak hanya itu, di sisi lain ZCC juga aktif melakukan kampanye penerapan protokol kesehatan di masa pandemi. Mereka rutin membagikan masker dan melakukan bakti sosial pada masyarakat yang ada di rute tujuan bersepeda, seperti yang dilakukan di Dusun Pajangan II Kulonprogo, Sabtu (10/10/2020).

Ferdi Rossil Bakir, salah satu pegiat ZCC lainnya menambahkan komunitasnya ingin ikut andil memperkenalkan pariwisata Yogyakarta pada wisatawan minat khusus yakni bersepeda. Selain itu, pihaknya juga ingin memberikan manfaat bagi sesama seperti melalui pembagian sembako dan pemeriksaan gratis ketika nanti pandemi usai.

“Sabtu kemarin kami membagikan 125 paket sembako untuk warga Pajangan II dan kedepan kami juga punya program pemeriksaan gratis untuk warga. Kami ingin mengenalkan potensi luar biasa wisata sepeda di DIY, tapi juga membawa manfaat untuk masyarakat. Kami berharap juga, apa yang kami lakukan ini bisa menjadi pengungkit roda perekonomian,” tandasnya.

Ada banyak rute bersepeda mengasyikkan di DIY yang sangat layak dicoba. Misalnya saja rute menanjak ke Kaliurang, Turgo atau Klangon dan juga rute syahdu ke utara hingga Borobudur atau juga menyusuri Selokan Mataram ke Kulonprogo dan menaklukkan tanjakan hutan pinus Mangunan. (Fxh)

Kredit

Bagikan