Sariawan Cepat Sembuh Dengan Cincau

user
agus 25 Juli 2020, 21:27 WIB
untitled

PERNAH mengkonsumsi minuman berbahan cincau hijau maupun hitam? Selain bisa menambah cita rasa dan kesegaran tersendiri, cincau juga diyakini mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Dengan kata lain dapat membantu mencegah dan mengatasi aneka keluhan kesehatan.

Adapun jenis tanaman cincau yang dikenal masyarakat, misalnya yang jenis merambat dan cincau berbatang kayu. Dari kedua jenis tanaman tersebut, daun-daunnya dapat diolah menjadi cincau dengan hasil akhir mirip agar-agar. Ketika rutin dikonsumsi penderita sariawan, diharapkan serangan sariawan lekas teratasi alias bisa segera sembuh.

Selain itu cincau juga diyakini sebagai bahan alami yang kaya mineral seperti kalsium dan fosfor, sehingga dapat berperan mendukung kesehatan badan. Bahkan cincau juga cocok untuk rutin dikonsumsi bagi siapa saja yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan berlebih, karena rendah kalori namun tinggi serat. Tak kalah penting, cincau juga dapat dijadikan musuh panas dalam, hipertensi, sembelit, perut kembung, demam serta diare. Adapun kandungan serat pada cincau antara lain bisa ikut membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

Lain halnya jika digunakan sebagai musuh bisul, dapat menggunakan daun cincau hijau secukupnya yang sudah dicuci bersih. Bahan ini lalu dilumatkan dan ditempelkan pada bagian yang bernanah. Sedangkan untuk melawan demam, bisa juga menggunakan bagian rimpang tanaman cincau yang dicuci bersih lalu diiris-iris halus. Selanjutnya direbus dengan air secukupnya sampai matang. Ramuan ini rutin dikonsumsi sampai serangan demam bisa teratasi alias sembuh. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian rutin diminum.

Sejumlah sumber juga mengungkapkan, jika daun cincau mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida. Zat ini bisa bermanfaat untuk mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor di tubuh. Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Caranya, antara lain memproses cincau menjadi wujud agar-agar. Lalu ditempatkan pada gelas, diberi gula aren cair atau madu dan rutin diminum. Adapun untuk membuat agar-agar berbahan daun cincau dapat menerapkan secara manual, maupun dengan bantuan beberapa piranti modern yang bermesin. Jika secara manual, beberapa daun cincau dicuci bersih dan diremas-remas menggunakan air secukupnya. Lalu disaring dengan kain dan hasilnya dapat ditambah jeruk nipis sesuai selera. Setelah itu dibiarkan di tempat dingin sampai menjadi seperti agar-agar. (Yan)

Credits

Bagikan