Ternyata, Ini yang Dilakukan Sri Mulyani Bila Hadapi Tekanan

user
tomi 19 Juli 2020, 15:47 WIB
untitled

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merupakan salah satu pejabat pemerintah yang sangat sibuk saat ini. Ancaman resesi akibat pandemi Covid-19 ini sangat menguras tenaga dan pikirannya. Namun ia punya kiat untuk menjaga tubuhnya tetap bugar selama krisis.

Membaca buku adalah salah satu favoritnya. Tetapi bermain gitar, bernyanyi, hingga melukis juga dilakukannya dalam rangka mengelola pikiran dan mengisi waktu luang. ”Saya sudah lama tidak main gitar. Jadi saya sekarang bernyanyi sambil main gitar,” ujar Sri Mulyani, dalam diskusi daring di Jakarta, Sabtu (18/7).

Sri Mulyani mengaku sering merasa penasaran dengan beberapa kunci gitar lagu-lagu yang sedang populer, seperti milik Didi Kempot hingga lagu anakanak favorit cucunya. ”Jadi, kita bisa bernyanyi dan bermain ketika cucu saya menengok. Itu yang membuat kita rileks,” ungkapnya.

Ia menyatakan, aspek-aspek keindahan turut menjadi kegemarannya dalam mengelola pikiran seperti menikmati embun pagi, melihat matahari tenggelam, hingga memandang bulan purnama. ”Tuhan menciptakan seluruhnya selalu seimbang dan aspek keindahan itu adalah bagian rahmat yang perlu kita syukuri. Itu yang membuat kita tenang,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.

Sebagai penjaga keuangan negara, dalam kondisi krisis seperti saat ini Sri Mulyani berusaha mengelola waktu secara bijaksana. ”Saya mengelola diri sendiri atau pekerjaan. Dalam mengelola waktu ya kita menggunakannya secara bijaksana dalam tugas yang begitu banyak,” tuturnya.

Sri Mulyani berupaya menyediakan waktu sekitar lima sampai enam jam dalam sehari untuk tidur.Kemudian ia juga rutin berolahraga sebanyak satu hingga tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan fisik yang dilakukan melalui yoga maupun pengaturan pernafasan. (Lmg)

Credits

Bagikan