Kecuali Indonesia, Kasus Corona COVID-19 di Asia Tenggara Mulai Turun

user
danar 24 Mei 2020, 02:10 WIB
untitled

GRAFIK di Our World in Data menunjukan tren penurunan kasus harian Virus Corona (COVID-19) di Asia Tenggara. Hampir semua negara tampak sudah mencapai puncak dan kasus mulai turun.

Namun, angka di Indonesia masih terlihat naik.

Berdasarkan grafik Our World in Data, kasus Virus Corona di Indonesia masih menunjukan tren kenaikan, terutama akibat lonjakan kasus pada 21 Mei kemarin.

Pada 21 Mei, kasus harian di Indonesia nyaris menyentuh seribu. Sehari kemudian, angka kasus harian kembali turun menjadi 634. Penambahan itu merupakan laporan kasus harian tertinggi di Asia Tenggara pada 22 Mei.

Singapura memiliki kasus terbanyak di Asia Tenggara dengan total 30 ribu kasus. Lonjakan kasus terjadi karena ada tes Virus Corona massal di asrama pekerja pada akhir April lalu.

Saat ini, kasus di Singapura terpantau kembali landai. Per 22 Mei, kasus baru hanya 614, turun drastis ketimbang puncaknya di April lalu yang hampir 1.500 kasus baru per-hari.

Di Malaysia, kasus terpantau terkendali menjadi dua digit dalam sehari. Negeri Jiran tegas menerapkan lockdown (Kawalan Perintah Pergerakan) selama beberapa tahap.

Kasus di Filipina mirip dengan Indonesia, yakni ratusan kasus baru per hari. Namun, Filipina menunjukan tren penurunan dari puncaknya pada Maret lalu.

Kasus Virus Corona di Vietnam juga sedikit dan lockdown mereka berhasil. Kerajaan Thailand juga berkata ada penurunan kasus, dan bulan ini sempat terjadi nol kasus.(*)

Kredit

Bagikan