SpaceX Siap Bangun Satelit Internet Global

user
ivan 18 Februari 2018, 07:54 WIB
untitled

AMERIKA, KRJOGJA.com - Mimpi SpaceX untuk menyediakan akses internet yang bisa menjangkau seluruh dunia sedikit demi sedikit mulai terwujud. Demi mewujudkan misi itu, pada akhir 2016 lalu SpaceX diketahui telah melakukan pengajuan pada Komisi Komunikasi Federal AS (FCC).

Dalam dokumen pengajuan, SpaceX diketahui berencana membuat konstelasi 4.000 satelit internet. Jika proyek berjalan sesuai jadwal, peluncuran satelit yang menjangkau seluruh dunia akan dilakukan pada tahun 2019.

Namun, nampaknya SpaceX mengambil langkah lebih cepat dari jadwal, karena perusahaan berencana untuk meluncurkan satelit pengujian pertamanya. Meskipun satelit internet sudah pernah ada, namun rencana SpaceX sedikit berbeda. Satelit internet  yang ada saat ini terbang di orbit geostasioner dengan jarak lebih dari 20.000 mil di atas Bumi.

SpaceX ingin menempatkan satelit mereka lebih dekat dengan Bumi di ketinggian sekitar 750 mil, atau hanya tiga kali lebih jauh dari Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Dari sis performa, satelit yang ditempatkan lebih dekat diklaim bisa mengantongi kecepatan koneksi jauh lebih cepat dan bandwidth yangsemakin tinggi. (*)

Kredit

Bagikan