Di Negara Ini Semua Anak Muda Tak Bisa Menyetir di Malam Hari, Kenapa?

user
danar 22 Juli 2019, 23:55 WIB
untitled

SETIAP negara memberlakukan aturan yang unik untuk mengemudi. Salah satunya di Inggris. Belakangan ini, Inggris, Skotlandia, dan Wales akan melarang pengemudi baru, terutama anak muda, untuk berkendara pada malam hari. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan.

Wacana ini dilempar oleh pemerintah Inggris karena ada lima pengendara terlibat kecelakaan dalam setahun. Kecelakaan ini terjadi setelah mereka lulus tes mengemudi dan mendapatkan SIM, dikutip dari Mirror, Minggu 21 Juli 2019.

Departemen Transportasi Inggris akan melarang pengemudi baru ini berkendara pada malam hari selama beberapa waktu. Kebijakan ini juga akan melarang orang-orang yang di bawah umur dan masih sekolah mengemudi, untuk berkendara.

Sayangnya tak dijelaskan lebih rinci tentang kebijakan tersebut.

Menteri Transportasi Darat, Michael Ellis, mengatakan mendapatkan SIM menyenangkan dan menakutkan bagi kaum muda. Lisensi pengemudi yang lulus bisa membantu pengemudi baru untuk tetap aman dan mengurangi jumlah orang yang tewas atau terluka di jalan.

Skema ini sudah beroperasi di beberapa bagian dunia, termasuk New York dan California, Amerika Serikat.

Wacara ini menuai kontroversi. Perusahaan asuransi menyebut larangan ini tidak efektif dan membuat ketidakadilan bagi pengemudi muda.

“Memberlakukan tindakan hukum pada pengemudi bisa berdampak tidak adil pada kehidupan mereka, seperti menghambat potensi penghasilan mereka kalau bekerja shift malam,” kata Manajer Keselamatan Jalan Insurethebox, Simon Rewell.

Lagipula, kata Rewell, pengendara muda perlu meninggalkan rumah untuk kuliah, sekolah, atau bekerja.

Dia juga meminta pemerintah untuk mencari solusi agar pengemudi muda bisa aman berkendara. Misalnya, dengan memperpanjang periode belajar sesuai dengan umur pengendara dan membatasi jumlah penumpang di dalam mobil. (*)

Kredit

Bagikan