Sheet Mask Apakah Bisa Dinikmati Semua Orang?

user
agus 08 April 2019, 11:47 WIB
untitled

KRJOGJA.com - Kalau dulu orang mungkin malas dengan ritual maskeran, sekarang bisa jadi tidak. Hal ini lantaran berbagai produsen kosmetik telah berlomba-lomba menciptakan produk yang mengedepankan kepraktisan, seperti sheet mask. Apalagi setelah produk kecantikan Korea menjadi tren, masker lembaran ini langsung menjadi idaman bagi mereka yang ingin tetap menjaga kecantikan wajahnya tanpa harus ribet.

Apa bedanya sheet mask dan masker biasa?

Sheet mask atau beberapa orang mengenalnya dengan sebutan masker tisu adalah masker wajah yang berbentuk lembaran. Masker ini terbuat dari serat alami, seperti kertas, katun, selulosa, ataupun pulp kelapa.

Seperti dikutip dari Hellosehat.com, agar bisa digunakan sebagai produk kecantikan, masker yang satu ini akan melalui proses kimiawi untuk menambahkan nutrisi yang berguna bagi kulit serta air. Karena bentuknya yang seperti tisu, biasanya masker ini hanya dapat digunakan satu kali saja. Namun, Anda tak perlu repot membilas muka Anda kembali karena serum yang masih tersisa di wajah biasanya dibiarkan meresap agar wajah mendapat manfaat yang optimal.

Penggunaan sheet mask paling dianjurkan pada saat malam hari menjelang tidur. Sebab, serum yang tersisa di wajah dapat menimbulkan kesan mengkilap dan lengket sehingga tentu akan mengganggu penampilan Anda jika dipakai pada pagi hari.

Apakah sheet mask bisa dipakai setiap hari?

Memang tidak ada aturan yang menyebutkan batas minimum atau maksimal penggunaan masker tisu ini. Sebab, berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam sheet mask dirancang untuk dapar digunakan sebagai perawatan wajah harian.

Namun, ada baiknya jika penggunaan sheet mask dibatasi menjadi satu hingga dua kali saja dalam seminggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam sheet mask yang sangat beragam dan terkadang bisa menghambat penguapan air di permukaan kulit (oklusif). Akibatnya, kulit malah jadi susah bernapas. Jika ingin menjaga kelembapan kulit, Anda dapat menggunakan pelembap berbentuk krim, losion, atau gel untuk harian.

Sebelum membeli sheet mask, perhatikan dulu hal berikut:

Sangat banyak produk sheet mask yang ditawarkan. Bukan hanya mereknya, melainkan berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Lantas, bagaimana memilih yang tepat? Pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, apabila ingin kulit tampak lebih cerah, Anda bisa memilih sheet mask yang mengandung vitamin C dan Niacinamide. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi dengan kandungan yang ada di dalam sheet mask yang Anda beli.

Akan tetapi, jenis kulit Anda juga perlu menjadi pertimbangan. Sebab, kulit yang kering, berminyak, atau kombinasi memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Masker dengan vitamin E dan asam hialuronat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit kering. Sementara itu, apabila Anda memiliki tipe kulit wajah yang cenderung berminyak, sheet mask dengan tea tree oil dan lemon bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun memiliki berbagai varian untuk berbagai tipe kulit, ada baiknya Anda tidak menggunakan produk ini apabila memiliki kulit wajah yang berminya. Sebab, masker yang praktis ini da[at menutup pori-pori Anda sehingga membuat kulit wajah semakin berminyak. Jauh lebih baik jika Anda menggunakan pelembap berbentuk gel, losion, atau krim yang lebih ringan untuk wajah. (*)

Kredit

Bagikan