Keren, Swedia Punya Tol Khusus Kendaraan Listrik

user
tomi 27 Juni 2016, 09:54 WIB
untitled

STOCKHOLM (KRjogja.com) – Guna terus mendukung kampanye global terhadap pengurangan emisi bahan bakar, Pemerintah Swedia baru-baru ini meresmikan jalur tol khusus kendaraan listrik.

Jalur yang mirip kereta listrik tersebut dirancang khusus untuk kendaraan jenis truk yang diklaim banyak menghasilkan emisi gas buang. Jalur listrik ini bisa digunakan untuk truk berteknologi hybrid serta yang dilengkapi pantograf sebagai sistem pengisi tenaga listrik langsung.

Sehingga ketika truk masuk jalur yang memiliki sistem pengisian listrik menggunakan pantograf maka tenaga penggeraknya tidak menggunakan baterai. Ketika truk sudah tidak terhubung dengan pantograf listrik maka tenaga akan menggunakan baterai. Demikian seperti dikutip dari Autocarpro, Senin (27/6/2016).

Pembangunan jalan tol dengan sistem pengisian listrik melalui pantograf di Swedia ini memiliki panjang sekira 2 kilometer.

Pemerintah Swedia bekerja sama dengan perusahaan truk Scania yang bertanggung jawab penyediaan truk berteknologi hybrid. Sehingga dalam waktu dekat seluruh truk yang beroperasi di Swedia telah menggunakan teknologi hyrbid.

Fasilitas ini menurut Pemerintah Swedia bisa menjadi langkah mempercepat kampanye penggunaan teknologi ramah lingkungan secara menyeluruh yang diprediksi akan tercipta pada 2030. (*)

Kredit

Bagikan