Pot Keramik Percantik Tanaman Hias

user
danar 04 Oktober 2019, 20:51 WIB
untitled

HOBIIS tanaman hias mempunyai aneka kiat agar koleksi-koleksi tanamannya bisa tampil kian cantik dan anggun. Baik itu jenis tanaman yang cocok ditempatkan di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).

Selain soal perawatan yang baik dan benar, pemilihan pot tanaman berpengaruh pula. Hal ini seperti dijelaskan Suwandi yang senang mengoleksi beberapa jenis tanaman hias. Sebagian ditanam di tanah langsung maupun menggunakan pot plastik. Ada lagi yang menggunakan pot keramik bergambar atau bermotif bunga-bunga mirip batik. Bahkan pot keramik ada yang model paket, misalnya tiga pot dengan motif sama namun ukurannya dari kecil, sedang sampai besar.

“Penggunaan pot-pot keramik dengan motif-motif apik bisa semakin mempercantik tampilan tanaman. Selain saya sendiri, istri saya juga biasa menanam tanaman hias dan membeli pot-pot keramik model paket,” ungkap Suwandi, Jumat (4/10/2019).

Suami dari Ani Masrohawati ini mengungkapkan, jenis tanaman indoor paling banyak, yakni lidah mertua (sansevieria). Tanaman ini ditanam menggunakan pot keramik, lalu banyak ditaruh di meja-meja lokasi kulinernya Kantin Melati di kawasan Gamping Sleman. Khususnya tanaman lidah mertua banyak diyakini mampu membantu menyedot udara kotor (polusi udara) termasuk asap rokok.

“Jenis tanaman ini juga tak gampang terkena penyakit. Bahkan cukup mudah perawatannya. Kalau ingin memperbanyak tanaman cukup memisahkan bagian anakan atau tunas dari tanaman ini,” tandasnya.

Jika banyak ditempatkan di dalam ruangan atau di bawah atap, lanjut Suwandi, penting juga seminggu dua atau satu kali dikeluarkan agar memperoleh sinar matahari. Terutama sinar matahari pada pagi hari. Adapun waktu penyiramannya dapat dilakukan ketika bagian tanah sudah tampak kering.

Ani M menambahkan, jenis tanaman hias outdoor yang dikoleksi antara lain ada kamboja Jepang (adenium), bunga melati, wijaya kusuma serta kantil. Cocoknya banyak ditempatkan di luar ruangan serta mendapat banyak sinar matahari. Dengan sinar matahari yang cukup akan mendukung tanaman rajin berbunga serta tak terlihat pucat.

“Beberapa adenium ada juga yang kami tanam di pot keramik. Karena tampilannya yang unik, terutama bagian batang serta bunganya saat musim berbunga, sering pula kami pajang di meja-meja kantin. Dua hari sekali dibawa keluar dari ruangan untuk dijemur pada pagi hari,” bebernya.(Yan)

Kredit

Bagikan