Hisap Rokok Picu Wajah jadi Jelek

user
ivan 07 November 2019, 07:40 WIB
untitled

FAKTA mengisap rokok bisa membuat wajah Anda jelek mungkin jadi ancaman baru yang patut dipertimbangkan di era 'pencitraan' seperti sekarang. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa mengisap rokok bisa membuat wajah Anda jelek.

Informasi ini bukan isapan jempol belaka dan sebaiknya mesti disikapi serius perokok. Laporan baru telah mengonfirmasi bahwa ada ilmu di balik istilah 'Smoker’s Face' yang diciptakan pada 1980-an. Konsep ini mengemuka kala itu dengan pandangan kebiasaan rokok bisa mengubah penampilan seseorang.

Perokok yang terlihat lebih tua dari usianya memiliki dua varian genetik yang tidak dimiliki oleh bukan perokok, menurut temuan yang dipublikasikan dalam PLOS Genetics.

Di sisi lain, penggunaan tembakau dalam film berkategori parental guidance-13 (PG-13) meningkat 120 persen antara 2010 dan 2018 dan melonjak 57 persen di semua film, menurut laporan baru oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Para ahli di US Surgeon General's Office sudah lama memperingatkan bahwa penggambaran tembakau di Hollywood sebagai norma sosial, dan membuat khalayak PG-13 berpikir lebih baik merokok. Di Indonesia sendiri, iklan rokok sudah mendapat batasan di mana hanya tayang di atas jam 10 malam. (*)

Kredit

Bagikan