Dituding Lakukan Praktik Monopoli, Ini Jawaban Google Indonesia

user
Tomi Sujatmiko 17 September 2022, 00:11 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah melakukan penyelidikan terhadap Google dan anak usahanya di Indonesia, terkait dugaan pelanggaran usaha monopoli dan persaingan usaha.

Dalam laporannya, KPPU menyebut salah satu indikasinya berasal dari penggunaan sistem Google Play's Billing (GPB) yang dianggap memberatkan pengembang aplikasi di Indonesia, lantaran dikenai pengenaan tarif tinggi mencapai 15-30 persen.

Serta ditemukan bahwa untuk pembelian di aplikasi, Google hanya bekerjasama dengan salah satu penyedia payment gateway/system, sementara beberapa penyedia lain di Indonesia tidak memperoleh kesempatan yang sama dalam menegosiasikan metode pembiayaan tersebut.

Dengan demikian, berdasarkan analisis KPPU, berbagai perbuatan Google tersebut dapat berdampak pada upaya pengembangan konten lokal yang tengah digalakkan Pemerintah Indonesia.

Menanggapi dakwaan tersebut, Google melalui platform Google Play mengaku sudah berupaya membantu pengembang di Tanah Air lewat layanan yang ditawarkannya.

"Google Play telah mendukung developer Indonesia untuk maju dengan memberikan akses ke berbagai alat untuk membantu mereka mengembangkan aplikasi dan bisnisnya dengan baik, serta memberikan dukungan agar mereka dapat terus berkembang," tulis perwakilan Google kepada Liputan6.com, Jumat (16/9/2022).

"Kami juga terus mendengarkan berbagai masukan dari komunitas Play dan melakukan peningkatan fitur serta layanan kami," kata Google.

Sebagai contoh, Google mengklaim pada awal September 2022 ini telah meluncurkan fase selanjutnya dari program uji coba sistem penagihan sesuai pilihan pengguna (User Choice Billing) di Indonesia.

Program ini disebut memungkinkan pihak pengembang untuk menawarkan sistem penagihan alternatif kepada pengguna, di samping sistem penagihan Google Play yang sudah ada.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan KPPU untuk menunjukkan bagaimana Google Play telah dan akan terus mendukung para developer Indonesia," ujar Google. (*)

Credits

Bagikan