Begini Cara Mencegah Sakit Saat Musim Hujan Tiba

user
Tomi Sujatmiko 17 September 2022, 05:05 WIB
untitled

Krjogja.com - Cara menjaga kesehatan saat musim hujan perlu diperhatikan setiap orang. Perubahan suhu dari cuaca yang panas terik menjadi dingin dan lembap bisa menyebabkan kamu terserang penyakit. Tidak heran banyak orang mengalami flu dan pilek saat musim hujan tiba.

Hal ini berkaitan dengan pertukaran cuaca tersebut. Kehujanan dapat membuat suhu tubuh menurun secara drastis. Hal ini membuat kamu berisiko terkena penyakit. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa upaya untuk menjaga kesehatan.

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan dilakukan dengan memperhatikan gaya hidup. Menyediakan payung saat bepergian adalah salah satu hal yang paling penting dilakukan. Selain itu, memperhatikan kebersihan, konsumsi makanan, hingga istirahat juga sangat penting.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/9/2022) tentang cara menjaga kesehatan saat musim hujan.

Memperhatikan Kebersihan Tubuh

Cara menjaga kesehatan saat musim hujan yang pertama yaitu menjaga kebersihan tubuh. Di musim penghujan, kuman dan bakteri dapat dengan mudah berkembang biak secara leluasa akibat kelembapan yang sangat tinggi. Terlebih air hujan yang tidak selalu bersih dan kerap mengandung partikel-partikel polusi. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, pastikan seluruh bagian tubuh bersih maksimal. Sebisa mungkin untuk membersihkan tangan setelah melakukan kegiatan di luar rumah. Tangan merupakan salah satu organ di tubuh yang mampu menyebarkan kuman atau bakteri dengan cepat. Selain itu, pastikan juga untuk segera mandi dan keramas jika kamu kehujanan. Hal ini untuk mencegah tubuh agar tak terkena partikel-partikel polusi dari air hujan.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Selain menjaga kebersihan tubuh, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat dianjurkan sebagai cara menjaga kesehatan saat musim hujan. Pasalnya, saat musim hujan lingkungan bisa menjadi lebih kotor daripada musim kemarau. Hal ini dikarenakan tingkat kelembapan udara yang lebih tinggi membuat sampah atau limbah menjadi lebih mudah membusuk, yang pada akhirnya menjadi sumber kuman. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan lingkungan termasuk tempat-tempat yang menjadi sarang bagi kuman dan bakteri berkembang biak.

Caranya dengan mengubur atau membakar sampah, menutup lubang yang berpotensi membuat air hujan tergenang, menutup penampungan air, memotong ranting dan rumput yang terlalu rindang. Selain itu, lingkungan yang teduh, lembap, dan tempat yang kotor menjadi sasaran empuk bagi nyamuk penyebab demam berdarah berkembang biak, sehingga membuatnya mampu menyebarkan penyakit.

HALAMAN

Credits

Bagikan