Rukun Iman Ada Enam, Ini Dalil dan Isinya dalam Islam

user
Tomi Sujatmiko 23 September 2022, 16:08 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Rukun iman ada berapa adalah pertanyaan yang kerap kali dibicarakan oleh umat muslim. Rukun iman adalah pilar penting yang dijadikan pedoman hidup umat muslim. Mengamalkan rukun iman dapat memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT.

Rukun iman ada berapa adalah sesuatu yang perlu diketahui dan diyakini umat Islam. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rukun iman adalah dasar keyakinan dalam agama Islam, yaitu percaya kepada Allah SWT., kepada malaikat-Nya, kepada kitab-Nya, kepada para nabi dan rasul-Nya, kepada hari kiamat, dan kepada untung baik dan buruk yang datang dari Allah SWT.

Memahami dan mengamalkan rukun iman ada berapa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Rukun iman ada berapa dapat diwujudkan dalam keyakinan dan perilaku sehari-hari. Sejatinya, iman adalah keyakinan, kepercayaan, dan ketetapan hati.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai rukun iman ada berapa beserta dalil dan isinya menurut Islam yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/9/2022).

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Rukun iman ada berapa adalah salah pilar keimanan dalam agala Islam. Terdapat 6 poin dalam Rukun Iman yang harus diimani. 6 rukun iman yang dimaksud adalah iman kepada Allah SWT, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, serta qada' dan qadar. Keenam rukun iman ini wajib diyakini dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rukun iman ada berapa merupakan pilar penting yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat muslim. Iman adalah sikap batin, keyakinan, atau kepercayaan yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT.

Berikut ini isi dari 6 poin rukun iman, antara lain:

1. Iman kepada Allah SWT

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT. Percaya kepada Allah berarti percaya bahwa hanya ada satu Tuhan yang layak disembah. Rukun iman yang pertama ini berarti kita harus mempercayai dan mengimani bahwa Allah SWT menciptakan seluruh makhluk yang ada di langit, bumi, dan seluruh alam semesta.

Iman kepada Allah SWT diwujudkan kalimat Syahadat. Kalimat Syahadat berbunyi: "ašhadu ʾan lā ʾilāha ʾillā -llāh, wa ʾašhadu ʾanna muḥammadan rasūlu -llāh" Artinya Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Selain itu, anda juga dapat mengimani iman kepada Allah SWT bisa diwujudkan dari amal perbuatan baik dengan melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.

2. Iman kepada Malaikat-malaikat

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang kedua adalah iman kepada malaikat Allat SWT. Iman kepada malaikat artinya mengimani keberadaan malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Ini juga berarti mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat. Iman kepada malaikat berarti meyakini jika malaikat itu ada yang senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia.

Malaikat merupakan makhluk yang tercipta dari cahaya atau nur. Malaikat adalah ciptaan Allah yang sangat taat kepada Allah SWT dan senantiasa selalu bertasbih tanpa henti siang dan malam. malaikat berugas untuk menjalankan perintah dari Allah untuk mengawasi seluruh umat manusia dan jin.

3. Iman kepada Kitab-kitab

Rukun iman ada berapa yaitu ada 6. Isi dari rukun iman yang ketiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Allah menurunkan kitab-kitab kepada para rasulnya sebagai petunjuk dan hujjah bagi umat manusia. Di antara kitab-kitab ini, ada Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Kitab-kitab yang diturunkan oleh Allah SWT adalah sebenar-benarnya pesan dari Allah. Terdapat empat kitab yang diturunkan oleh Allah SWT. Kitab-kitab tersebut diantaranya yaitu Zabur (Nabi Daud AS), Taurat (Nabi Musa AS), Injil (Nabi Isa AS), dan Al Qur'an (Nabi Muhammad SAW).

HALAMAN

Credits

Bagikan