Aplikasi Berikut Permudah Pekerjaan Akuntansi Bisnis

user
Ary B Prass 23 September 2022, 21:07 WIB
untitled

Krjogja.com - Perkembangan teknologi yang pesat membuat segalanya lebih mudah, tak terkecuali bagi seorang akuntan. Dengan software atau aplikasi jurnal akuntansi, seorang akuntan bisa mengerjakan pekerjaannya dengan lebih mudah dan lebih cepat, sehingga lebih efisien waktu, waktu luang yang dimiliki pun dapat dipergunakan untuk mengembangkan dan memeriksa pekerjaan lainnya.

Program aplikasi jurnal akuntansi keuangan ini dibuat dengan tujuan untuk mempermudah seorang akuntan dalam membuat laporan keuangan yang terdiri dari Neraca atau Balance Sheet, Rugi Laba atau Profit Loss Statement, Laporan Perubahan Posisi Keuangan atau Statement of Cash Flow, buku besar, trial balance, sampai Laporan keuangan untuk periode satu tahun buku.

Biasanya perangkat lunak atau software ini dikembangkan sendiri oleh sebuah perusahaan atau dibeli dari pihak lain yang menyediakannya, atau bisa juga berasal dari kombinasi antara keduanya. Oleh karena itu, kualitas, kompleksitas, dan kegunaan dari aplikasi jurnal akuntansi ini sangatlah beragam dan bergantung pada fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan penggunanya.

Perangkat lunak atau software aplikasi jurnal akuntansi jenisnya sudah beragam. Baik buatan luar negeri maupun buatan lokal. Fitur dari setiap perangkat lunaknya juga berbeda-beda. Mulai dari multi user atau bisa digunakan lebih dari satu pengguna, multi company atau lebih dari satu perusahaan, terdiri dari berbagai bahasa, database, multi cabang, multi currency, modul AR, AP, GL, Stock, Payroll, ledgerplus dan sebagainya.

Dengan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi akuntansi ini, sebuah perusahaan bisa lebih cepat untuk menerbitkan sebuah laporan keuangan, karena memang jika dibandingkan dengan pekerjaan akuntansi secara manual, penggunaan aplikasi akuntansi ini jauh lebih menghemat waktu.

Untuk proses pengelolaan aplikasi akuntansi yang lebih baik bagi perusahaan, gunakanlah software akuntansi yang sudah terbukti dan teruji dalam membantu pengelolaan keuangan bisnis banyak perusahaan seperti aplikasi Jurnal Mekari.

Aplikasi Mekari Jurnal juga memiliki fitur yang cocok untuk setiap jenis bisnis di Indonesia mulai dari UMKM sampai perusahaan manufaktur sederhana, bengkel sampai salon kecantikan dan masih banyak lagi. (*) 

Credits

Bagikan