12 Manfaat Air Garam Mulai Cegah Stress Sampai Detoksifikasi

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 01:35 WIB
untitled

Krjogja.com - jakarta - Garam sudah digunakan sejak lama sebagai bahan penyedap makanan atau dalam pengawetannya.

 

Garam juga digunakan dalam kepentingan, seperti pewarnaan, penyemakan, pemutihan, produksi tembikar, sabun dan klorin menurut Medical News Today.

Bahkan saat ini, tidak sedikit yang menggunakan garam dalam industri kimia. Meskipun garam memiliki banyak manfaat, dalam konsumsi yang berlebih sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti osteoporosis, penyakit ginjal dan hipertensi yang nantinya juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular serta stroke. Oleh karena itu, penting untuk tetap memperhatikan konsumsi atau penggunaan garam.

Di sisi lain, manfaat air garam secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Banyak di antara mereka yang pasti sudah sadar bahwa manfaat air garam terkait dengan kesehatan tubuh. Akan tetapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bukan berarti Anda dapat menggunakan atau mengonsumsi air garam sesuka Anda tanpa ada takaran tertentu.

Dilansir dari drhealthbenefits.com, dengan mengonsumsi air hangat selama seminggu dapat membuat badan terasa segar dan hal ini dapat menjadi bagian dari kebiasaan yang baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari drhealthbenefits.com dan berbagai sumber lainnya tentang manfaat air garam, Rabu (28/9/2022).

Penelitian menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk mengkonsumsi air hangat adalah ketika malam hari. Dilansir dari New Health Advisor, Anda dapat membuat larutan air garam dengan menggunakan 100 persen garam alami sebanyak dua sendok teh dan dicampurkan dengan satu liter air hangat.

Anda dapat mengonsumsi air garam hangat selama seminggu, lalu berhenti sejenak sebelum mengulanginya. Akan lebih baik lagi jika Anda berbicara dengan dokter untuk menghindari kemungkinan yang merugikan. Sedangkan manfaat meminum air garam hangat adalah sebagai berikut:

1. Menghindari Dehidrasi

Meminum air garam hangat membantu memasok kadar air ke dalam tubuh dan berfungsi untuk menghindari kondisi dehidrasi. Hal ini terkait dengan kondisi tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena itu, memastikan Anda meminum banyak air akan menghindarkan tubuh dari kelelahan dan dehidrasi.

2. Suplai Nutrisi

Air garam hangat yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu memasok nutrisi ke tubuh. Air garam juga disebutkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Keseimbangan Elektrolit

Meskipun tubuh perlu asupan air yang cukup, tetapi terlalu banyak air dalam tubuh dapat menyebabkan metabolisme lambat dan kesehatan seluler, yang bergantung pada konsentrasi mineral dan elektrolit tertentu dapat dipengaruhi secara negatif karena asupan air yang berlebih. Oleh karena itu, dengan menambahkan garam laut alami dalam air minum dapat membantu tubuh menyerap dan menggunakan air dengan lebih baik.

4. Sumber Ion

Selain vitamin dan mineral, garam juga terdiri dari ion dalam jumlah yang cukup besar. Ion ini yang akan membantu Anda agar tidak kelelahan. Dengan mengkonsumsi air garam hangat selama seminggu akan membantu menjaga stamina dan meminimalisir masalah lebih lanjut. Hal ini sama seperti mengkonsumsi air dingin di pagi hari saat perut kosong untuk memasok ion yang menjaga selama beraktivitas.

5. Menjadikan Pencernaan yang Lebih Baik

Meminum air garam hangat selama seminggu dikaitkan dengan manfaat air garam untuk meningkatkan gerakan pencernaan. Air garam ini dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan dapat membantu Anda menghindari sembelit.

6. Mengurangi Stress

Setelah seharian Anda bekerja keras dalam pekerjaan Anda, maka konsumsi air garam hangat akan membantu Anda dalam mengurangi Stress. Anda dapat mengkonsumsi air garam hangat sebelum tidur untuk membuat tubuh Anda lebih nyaman dan segar.

 

HALAMAN

Kredit

Bagikan