Ujicoba All New Nissan Kicks E-Power Irit BBM dan Nyaman Berkendara

user
Tomi Sujatmiko 29 September 2022, 09:36 WIB
untitled

Krjogja.com - SLEMAN - All New Nissan Kicks e-Power terbukti efektif bahan bakar sekaligus nyaman dikendarai. Sejumlah wartawan membuktikan melalui test drive yang dilakukan Kamis (29/9). 

Berangkat dari diler Nissan Mlati Jalan Magelang Km 10 Tridadi Sleman, mobil Kicks e-Power dikendarai untuk menjelajah jalanan perkotaan di area Yogya. Menggunakan mode "Eco" perjalanan ditempuh dengan kecepatan menyesuaikan kondisi kepadatan lalu-lintas khas perkotaan.

Berhenti pada jarak 10,2 kilometer, data menunjukkan bahan bakar yang dikonsumsi mencapai 26,5 km/liter. Dari test drive singkat tersebut, telah didapat estimasi angka begitu efektifnya penggunaan bahan bakar kendaraan ini.

Surya, salah satu wartawan yang mengendarai langsung Kicks e-Power mengungkapkan, selain mendapatkan estimasi angka untuk konsumsi bahan bakar, nyamannya berkendara juga begitu terasa di sepanjang perjalanan. "Salah satunya Teknologi One Pedal Operation yang memanjakan pengendara untuk pergantian gas ke rem," sebut Surya. 

Pengereman dengan sistem One Pedal Operation berfungsi ketika kita mengaktifkan mode berkendara di ECO Driving atau S. Saat fitur ini diaktifkan, kaki tinggal memainkan satu pedal pada gas saja untuk berakselerasi maupun deselerasi. "Cukup injak pedal gas seperti biasa saat akselerasi dan cukup mengangkat kaki dari pedal gas jika deselerasi. Yang menyopir juga tidak cepat lelah serta bisa menikmati perjalanan," kata Surya.

Irawan Nurisman, selaku General Manager Nissan Mlati PT WSBY-PT WSMY (Jogja Grup) sengaja memberikan kesempatan bagi para wartawan agar awak media turut merasakan langsung sensasi kenyamanan berkendara dengan Kicks e-Power. Tak hanya untuk wartawan, bagi konsumen yang ingin mencoba ketangguhan mobil ini, pihak dealer juga menyediakan unit untuk test drive. 

Mobil ini menggunakan mesin bensin untuk charge-nya. Dan di kelasnya, mobil ini sangat kompetitif harganya. Selain itu bertenaga konstan dan irit bahan bakar. PT WSBY selaku main dealer Nissan juga menyediakan promo hingga puluhan juta rupiah, dari harga asli yang berkisar antara Rp 497.150.000 - Rp 499.150.000.

Setelah diperkenalkan di DIY dan Jawa Tengah, Nissan Kicks e-Power memang mendapat respons positif pasar. Apalagi sejak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) belum lama ini, pamor Kicks e-Power semakin terangkat karena konsumen mulai berpikir untuk seutuhnya beralih menggunakan mobil listrik. Hal tersebut karena mobil ini sangat efisien dalam penggunaan bahan bakarnya.

Dikutip dari Instagram @nissanid, Dody Triasmara, pengguna Nissan Kicks sejak 2022 menyebut, kendaraan ini sebagai mobil Sultan yang irit bahan bakar. "Mobil sebelumnya, biaya bensin Rp 2 jutaan perbulan, dengan Nissan Kicks cukp Rp 800 ribuan sehingga hemat uang hingga 60 persen. Saya ketagihan sampai beli dua," sebut Dody.

Sementara Tubagus, pengguna Nissan Kicks sejak April 2021 menyatakan Nissan Kicks e-Power sebagai solusi BBM mahal. Biasanya mengisi bahan bakar tiga hari sekali, dengan Nissan Kicks hanya perlu seminggu sekali. Hematnya dua kali lipat," tegas Tubagus.

Dan Ivan Agusta pengguna Nissan Kicks sejak November 2021 menyebut Nissan Kicks e-Power sebagai mobil ajaib. "Hanya tiga kali isi bahan bakar dalam sebulan, dengan rute pulang pergi rumah ke kantor 100 kilometer setiap hari, apalagi weekend jalan-jalan. Pilihan mobil yang tepat," kata Ivan.

Nissan Kicks lahir jadi pioner mobil listrik tanpa charger. Output house power Kicks kalau dikonversi ke mesin konvensional mirip sejenis 1500 cc hingga 1800 cc N/A dengan bahan bakar rata rata lebih hemat hampir dua kali lipat. 

Dapat menghemat pemakaian BBM hingga 100 persen, padahal mobil konvensional rata-rata perliter estimasinya mencapai 12-14 kilometer dari kendaraan sekelasnya. 

Beberapa hasil data test review, Kicks bahkan dapat mencapai rata-rata 25 kilometer perliter dengan kondisi tertentu. Dengan teknologi e-Power atau mesin listrik tanpa charge, memudahkan untuk berkendara jarak jauh tanpa harus khawatir dengan charging station. 

Sehingga pengguna tak perlu khawatir di tengah ketersediaan infrastruktur charging station sangat terbatas.Mobil ini tentu saja sekaligus solusi kendaraan hemat bahan bakar pada saat ini, karena harga BBM naik.

Khusus untuk konsumen yang ingin mencoba ketangguhan mobil ini, pihak dealer menyediakan unit untuk test drive. Dan konsumen bisa test drive dengan langsung datang ke dealer Nissan Mlati. (*)

Kredit

Bagikan