YouTube Shorts Hadirkan Fitur Bikin Voice Over ala TikTok di iOS

user
Tomi Sujatmiko 03 Oktober 2022, 10:21 WIB
untitled

Krjogja.com - Jakarta - YouTube belum menyerah untuk bersaing dengan TikTok, di mana baru-baru ini mereka meluncurkan fitur voice over untuk konten Shorts, bagi pengguna perangkat iOS terlebih dulu.

Fitur untuk memungkinkan pengguna melakukan voice over di konten sendiri, sudah hadir dan bukanlah fitur yang baru untuk para pengguna platform TikTok.

"Kreator kami melihat kamu meminta dan kami menjawab - sekarang kamu bisa menggunakan fitur voice over kami untuk menarasikan Shorts kamu!" tulis YouTube dalam laman support Google.

Mengutip laman tersebut, Minggu (2/10/2022), dengan fitur ini, pengguna bisa menarasikan apa yang terjadi di kontennya, atau membuat instruksi, penjelasan, reaksi, komentar lucu, atau menambahkan suara baru buatan sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat voice over ke YouTube Shorts setelah merekam sebuah konten:

Ketuk tombol tanda centang di kanan bawah layar kamera
Ketuk tombol voice over
Pindahkan playhead (garis putih vertikal pada strip film video) ke tempat yang diinginkan untuk memulai voice over
Tekan tombol rekam merah untuk mulai merekam dan klik lagi untuk berhenti merekam (Kamu juga bisa menahan tombol rekam saat merekam dan angkat untuk berhenti).
Ketuk tombol batalkan jika kamu ingin menghapus rekaman terakhirmu, atau ketuk tombol ulangi untuk menambahkannya kembali
Gunakan panel volume untuk menyesuaikan level audio di semua musik, audio video aslimu, dan voice over.
YouTube mengungkapkan, fitur voice over ini sudah mulai digulirkan ke para pengguna iOS sejak 27 September 2022 yang lalu. Belum diketahui kapan peluncurannya untuk para pengguna Android.

Kredit

Bagikan