Qualcomm Tanamkan WiFi 7 di Snapdragon 8 Gen 2, Seberapa Cepat?

user
Tomi Sujatmiko 18 November 2022, 15:41 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Dalam acara Snapdragon Summit 2022, Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset untuk perangkat premium yang diberi nama Snapdragon 8 Gen 2.

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri digadang-gadang sebagai standar baru chipset dengan teknologi AI (artificial intellegence) paling canggih di perangkat mobile saat ini,

Rencananya, chipset baru milik Qualcomm ini akan mulai diadopsi oleh vendor OEM ke HP Android buatan mereka masing-masing mulai 2023.

Dari sekian teknologi yang disematkan ke dalam chipset barunya tersebut, Qualcomm juga menyertakan teknologi WiFi 7.

Informasi, Qualcomm pertama kali mengumumkan chipset yang sudah mendukung jaringan WiFi 7 untuk akses poin kelas enteprise, router rumah, hingga sistem mesh tingkat lanjut,

Kini, perusahaan menyertakan teknologi WiFi 7 tersebut ke dalam produk konsumer seperti ponsel Android. Apa yang menjadi alasan Qualcomm melakukan hal tersebut?

"Sejak diperkenalkan pada 2017, sudah banyak pihak yang mengadopsi WiFi 6," kata Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto, saat ditemui di Hawaii, Amerika Serikat, dalam acara Snapdragon Summmit 2022.

Dia menambahkan, "Karena itu, transisi ke WiFi 7 ini cukup wajar dari sisi timeline perkembangan antar generasi WiFi."

Menurut laporan IDC, saat ini ada 2 milyar perangkat dengan teknologi WiFi 6 telah dikirimkan

secara global, dan diperkirakan akan tumbuh mencapai 5.2 milyar perangkat pada akhir tahun 2025.

Adapun ledakan jumlah perangkat ini disebabkan karena berkembangnya teknologi WiFi seiring dengan meningkatnya kebutuhan.

"Berdasarkan inovasi WiFi 6 inilah WiFi 7 'lahir', dan dibuat untuk memaksimalkan spektrum yang digunakan oleh jaringan WiFi 6E," jelas Sutanto.

Sebagai informasi, WiFi 7 diklaim mampu memberikan kecepatan maksimum hingga 5.8 Gbps jika menggunakan spektrum 6 GHz, dan 4.3 Gbps pada spektrum 5 GHz--dapat menggantikan koneksi kabel.

Selain cepat, teknologi jaringan WiFi 7 sendiri ini juga memiliki latensi rendah hingga 2 ms dan sudah menggunakan teknologi baru seperti Link dan Enhanced MU-MIMO.

HALAMAN

Kredit

Bagikan