Sederet Manfaat Serum Vitamin C untuk Kulit Wajah

user
Tomi Sujatmiko 10 Desember 2022, 06:36 WIB
untitled

Krjogja.com - YOGYA - Vitamin C merupakan salah satu bahan yang sering ada di produk-produk skincare. Jika digunakan secara rutin, vitamin C dapat memberikan manfaat yang baik untuk wajah.

Terdapat beberapa jenis vitamin C yang terkandung dalam skincare, seperti L-Ascorbic Acid (LAA), Magnesium Ascorbyl Phosphate, Ascorbyl Palmitate, Ascorbyl Glucosamine, dan Sodium Ascorbyl Phosphate. Jenis-jenis ini memberikan beberapa manfaat yang baik untuk wajah.

Berikut manfaat serum vitamin C untuk kulit wajah:

1. Merangsang produksi kolagen

Kulit membutuhkan kolagen agar tetap kencang dan elastis. Kolagen dalam tubuh terbentuk dari kombinasi dua asam amino, yaitu glycin dan prolin, serta bantuan dari vitamin C.

Vitamin C yang dioleskan ke kulit mampu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan mulus. Alhasil, garis-garis halus tersamarkan dan kulit terlihat lebih awet muda.

2. Mencerahkan kulit

Beberapa penelitian menunjukkan, vitamin C mampu menghambat pembentukan melanin. Ini merupakan pigmen yang memberi warna gelap pada kulit, rambut, dan mata.

Orang dengan warna kulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak. Melanin sebenarnya berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, tetapi peningkatan produksi melanin di kulit wajah justru dapat menyebabkan hiperpigmentasi berupa bintik-bintik Hitam dan warna kulit tidak merata.

Mengoleskan serum vitamin C dapat membantu memudarkan bintik hitam pada kulit wajah. Penggunaan vitamin C akan lebih baik jika dikombinasikan dengan tabir surya setelahnya.

3. Melindungi kulit dari sinar UV

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan. Efek antioksidan vitamin C terbukti mampu melindungi kulit dan mencegahnya dari kerusakan akibat bahaya sinar UV.

4. Melembapkan dan mengatasi kulit kering

Vitamin C bekerja dengan cara menahan kelembapan, sehingga kulit tidak mudah kering. Penggunaan serum vitamin C secara rutin juga dapat mengatasi kulit kasar dan kering.

5. Mengurangi kerutan

Kerutan pada wajah akan muncul ketika lapisan kulit kehilangan kolagen. Sebenarnya, kerutan pasti muncul seiring bertambahnya usia, tetapi penuaan dini bisa terjadi jika kulit selalu terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, kebiasaan merokok dan kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan serum dengan kandungan vitamin C yang dapat mengatasi kerutan pada wajah.

Kredit

Bagikan