Awas Malware Hook di Android, Bisa Ambil Alih Ponsel dari Jarak Jauh

user
Tomi Sujatmiko 24 Januari 2023, 21:42 WIB
untitled

Krjogja.com - JAKARTA - Ada sebuah malware baru yang mengintai pengguna Android. Malware berbahaya ini bernama "Hook", yang mana bisa mengambil alih perangkat korban dari jarak jauh.

Menurut laporan Bleeping Computer, malware Android Hook bekerja menggunakan VNC alias virtual network computing dalam rangka mengambil alih perangkat korban, secara real-time.

Mengutip laman Android Headlines, Selasa (24/1/2023), malware Hook tampaknya dipromosikan oleh kreator Ermac.

Bagi kamu yang tidak tahu, Ermac merupakan trojan banking yang menyerang perangkat Android. Trojan ini membantu aktor kejahatan siber mencuri kredensial dari 467 bank dan aplikasi kripto.

Pembesut trojan Ermac mengklaim, malware baru ini dibuat dari sangat awal, namun para peneliti di ThreadFabric meragukan hal itu. Para peneliti menganggap bahwa Hook ini berdasarkan dari kode ekstensi yang tumpang tindih antar kedua malware.

Hal tersebut mengingat keduanya konsisten dengan basis kode milik Ermac. Jadi, para peneliti menyimpulkan bahwa Hook juga merupakan trojan perbankan.

Para peneliti menilai malware Hook adalah evolusi dari Ermac. Dengan kata lain, Hook lebih berbahaya dari Ermac yang pada dasarnya juga tidaklah baik bagi perangkat pengguna.

HALAMAN

Kredit

Bagikan