Aliansi Mahasiswa Nusantara Bagikan Takjil dan Tampilkan Tari Daerah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Nusantara Yogyakarta melakukan bagi-bagi takjil sambil menampilkan seni tradisi nusantara di simpang empat Jalan Jenderal Sudirman Yogyakarta, Minggu (18/04/2021). Para mahasiswa membagikan takjil dan masker kepada para pengendara yang melintas di jalan tersebut serta menyampaikan pesan-pesan kebhinnekaan.

Koordinator aksi, Altingia mengatakan mahasiswa yang terlibat dalam aksi ini yakni mereka dari Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Barat (Kalbar), Papua, Selawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Selatan (Sulses), Riau dan Yogyakarta. Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan gerakan moral mahasiswa yang tidak hanya demonstrasi semata, namun juga tetap peduli dengan hal-hal sosial.

“Mereka terdiri dari berbagai suku, daerah maupun agama. Namun karena semangat kebhinnekaan, mereka turun ke jalan untuk memberikan takjil dan masker bagi umat muslim maupun lainnya yang membutuhkan,” kata Altingia disela kegiatan.

Ia juga mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk terimakasih para mahasiswa luar Yogya yang telah diterima dan diperlakukan baik oleh masyarakat kota ini. Yogya sebagai miniatur Indonesia harus terus dijaga dan dipelihara bersama agar tetap aman serta nyaman bagi siapa saja.

Salah satu mahasiswa dari Kalbar, Adi Kores menyampaikan dalam kegiatan bagi-bagi takjil ini juga diisi dengan pertunjukan tari dari daerah. Selain itu para mahasiswa juga mengenakan pakaian adat untuk menunjukkan identitas daerah masing-masing.

“Kami ingin mengatakan bahwa Indonesia itu kaya budaya. Perbedaan budaya bukan menjadi halangan untuk bersatu, justru dari itu harus membuat negara ini semakin kuat dan itu harus dimulai dari mahasiswa,” terangnya.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa membahikan 300 paket takjil dan 300 pcs masker. Aksi yang diisi dengan kesenian daerah ini mengundang simpati para pengguna jalan yang melintas di Jalan Jenderal Soedirman Yogyakarta. (*)

BERITA REKOMENDASI