Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA 25 Tahun Mengabdi

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) bersinergi dengan Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) angkatan 1996/BHARATASENA mengadakan Kegiatan Pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Online dengan tema ‘Transformasi Digital UMKM Presisi Terhadap Para Pelaku UMKM’. Selain pelatihan kegiatan diisi pual dengan launching aplikasi UMKM Presisi secara virtual, dan pembagian Bantuan Sosial (Bansos).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Peringatan 25 Tahun Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA Mengabdi yang mengangkat tema ‘Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’, di Mako Brimob Baciro Yogyakarta Kamis (23/09/2021).

Sedangkan untuk kegiatan launching Aplikasi UMKM Presisi, pelepasan dan penyerahan secara Simbolis Bantuan Sosial (Bansos) digelar di Lobi Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) DIY. Hadir dalam kegiatan tersebut 51 Peserta UMKM DIY dari berbagai bidang usaha yang terdiri dari kerajinan, kuliner, jasa, dan fashion

Kegiatan Pembelajaran online tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Pemateri dari Shopee menyampaikan pentingnya pemasaran secara online, dan perlu adanya program khusus untuk mendukung UMKM

Kegiatan dilanjutkan dengan acara Launching UMKM Presisi via zoom. Kegiatan Pembelajaran online ini merupakan upaya sinergitas POLRI dan Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA dalam membantu perekonomian masyarakat yang menurun akibat adanya Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) khususnya dari kalangan pelaku UMKM.

Kegiatan Pembelajaran online ini merupakan salah satu rangkaian dengan giat vaksinasi massal dan Bansos yang dilaksanakan melalui Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA dalam agenda peringatan 25 Tahun mengabdi. Prosesi kegiatan Acara memperingati 25 Tahun Mengabdi Alumni AKABRI 1996/BHARATASENA terpusat di SMK N 2 Tangerang yang dihadiri Ketua DPR RI, Panglima TNI, dan Kapolri secara virtual.

Kegiatan juga dihadiri oleh Brigjend Pol R. Slamet Santosa, S.H., S.I.K. (Wakapolda DIY), Kombes Pol Burkan Rudy Satria, S.I.K. (Dir Reskrimum Polda DIY), Kombes Pol Syahbuddin, S.I.K. (Dir Intelkam Polda DIY), Kombes Pol Imam Suhadi, S.I.K.(Dansat Brimob Polda DIY), Kombes Pol Sonny Mahar Budi Adityawan, S.H., S.I.K., M.H. (Ka SPN Polda DIY), Kombes Pol Anjar Gunadi, M.M. (Dir Binmas Polda DIY), Kolonel (Kal) Pamundi Rahmat M., S.E. (Kepala Departemen Teknik Manajemen Industri (Kadep TMI), Kolonel Pnb Wastum (Komandan Wing Taruna (Danwingtar) Akademi Angkatan Udara (AAU), Kolonel Tek. Taufik Y.A. (Kadislog Lanud Adisucipto), Kolonel Arm Tejo Widhuro, S.Sos., M.Si., AKBP Azhari Juwanda, S.I.K (Wadir Polair Polda DIY), AKBP Sulistyono (Wadir Binmas Polda DIY), AKBP Mujiyono (Wadir Pamobvit Polda DIY), AKBP Wilson Pasaribu, S.I.K., M.H. (Kasubdit Tipiter Polda DIY), AKBP Muhammad Iqbal, S.I.K., M.Si. (Wadir Lantas Polda DIY), AKBP Supono (Kabag Sidik Sus Reskrimsus Polda DIY), Kompol S Heri Purnomo (Wadir Tahti Polda DIY), Perwakilan warga masyarakat penerima Bansos, Budi Margono (Dukuh, Wijimulyo, Nanggulan, Kulonprogo), Junijo (Selo Pamioro, Bantul), Kismadi (Ngablak, Piyungan, Bantul), dan Jumarno (Cangkringan, Sleman).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Kombes Pol. Budhi Herdi Susianto, S.H., S.I.K., M.Si. menyampaikan, acara ini menuju pengabdian 25 tahun dan di pengabdian 25 tahun ini, mengabdi untuk bangsa dan negara dalam rangka vaksinasi di seluruh indonesia dan bansos di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Kegiatan vaksinasi di seluruh indonesia 91.000 di beberapa daerah, kegiatan bansos sebanyak 32.926.

“Kami AKABRI Angkatan 1996/BHARATASENA menitik beratkan jumlah ekonomi nasional mengajak UMKM dan menggandeng pemasaran secara digital, sehingga tetap bisa bertahan dan bisa go internasional,” ujarnya.

Alumni AKABRI Angkatan 1996/BHARATASENA ingin ikut serta dalam meningkatkan UMKM dengan cara transformasi digital UMKM Presisi. “Apa yang kami lakukan masih jauh dari kekurangan, untuk itu kami membangun aplikasi UMKM presisi dan melakukan pelatihan dan pendampingan secara langsung,” ungkapnya.

Harapannya, bapak dan ibu dapat mendukung program kami dalam memasarkan aplikasi digital kami dan mudah-mudahan dapat mensejahterakan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani, S.Sos. menyampaikan, alhamdulillah dengan adanya acara ini yang sangat baik memperingati 25 th mengabdi Akabri angkatan 1996. “Undangan ini sebetulnya sangat mendadak karena semalam Bapak Kapolri memberitahu saya untuk diminta menghadiri acara,” terangnya.

Ketua DPR RI bersama Panglima TNI dan Kapolri menyapa 4 wilayah dari semua 8 wilayah yang menjadi Pilot Project Aplikasi digital UMKM Presisi. (pertama dari Jawa Tengah di terima oleh Kapolresta Surakarta, kedua wilayah Jawa Timur, ketiga wilayah Jawa Barat, dan Kabupaten Bandung.)

Penyerahan secara simbolis Bansos oleh Brigjend Pol R. Slamet Santosa, S.H., S.I.K. (Wakapolda DIY) kepada 4 perwakilan masyarakat di lanjutkan foto bersama.

Pelepasan Bansos dipimpin oleh Wakapolda DIY di dampingi PJU dan Alumni Akabri 1996 sebanyak 820 sembako dan 1,25 ton beras yang selanjutnya di distribusikan kepada masyarakat ke beberapa wilayah.

Kegiatan berjalan aman dan tertib. Seluruh pelaksanaan kegiatan Online tersebut telah mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang telah ditentukan oleh pemerintah, dengan memberikan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer dan menjaga jarak antar peserta pembelajaran online.

Distribusi Bansos, Intelkam 200 paket untuk warga piyungan, Brimob 270 paket untuk warga Nanggulan, Krimum 100 paket untuk warga Argobinangun Cangkringan, SPN 150 paket untuk warga Selopamioro, dan AU 100 paket untuk warga Berbah. (*)

BERITA REKOMENDASI