ASTINDO Gelar Hybrid Travel Fair 2022

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Pariwisata Indonesua terus berbenah untuk kembali bangkit di tahun 2022 ini. Seiring dengan misi untuk me-reaktivasi industri pariwisata sekaligus mendukung pemulihan ekonomi  nasional, ASTINDO – Asosiasi Travel Agent Indonesia akan menggelar ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022. Pameran dunia travelling  diikuti peserta dari berbagai maskapai internasional serta badan promosi luar negeri.

Mengacu kepada instruksi Pemerintah RI, agar masyarakat diminta tetap patuh pada protokol kesehatan,  tetapi tetap harus dapat mendinamiskan roda perekonomian, Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno yang baru saja terpilih menjadi President FATA – Federation of ASEAN Travel Association, membuat terobosan menggelar travel fair agar membangkitkan kembali pariwisata Indonesia di tahun 2022.

“Travel agent sudah 2 tahun menderita, dengan semakin meratanya vaksinasi di Indonesia, dan melihat kondisi di luar negeri yang sudah mulai mempermudah perjalanan wisata baik domestic maupun internasional, kami berpendapat ini saat yang  tepat untuk mulai menggelar barang dagangan kami dan berjualan lagi. Harapannya tentu saja agar  travel agent dapat menaikkan sales, apalagi melihat kondisi tahun lalu di mana terjadi peningkatan  transaksi penjualan secara konsisten mulai dari bulan Januari 2021 – November 2021.” ungkap Pauline.

ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 digelar di pusat perbelanjaan dengan skala lebih kecil, selain lebih mudah diakses oleh masyarakat, ASTINDO pun berkolaborasi dengan Mall PIK Avenue sehingga harga  sewa lahan pun tidak terlalu memberatkan anggotanya para travel agent yang selama ini sudah merugi. Pauline menyampaikan ASTINDO Hybrid Travel Fair ini akan digelar pada tanggal 3 -6 Maret 2022, bertempat di Atrium Utama Pusat Perbelanjaan PIK Avenue  di Jakarta Utara.

“ASTINDO secara rutin menyelenggarakan ASTINDO Travel Fair sejak tahun 2011-2020, serta ASTINDO Virtual Travel Fair 2021, dengan tujuan untuk membantu anggotanya para travel agent di seluruh Indonesia agar dapat berpromosi kepada masyarakat dengan harga terjangkau,” ungkap Pauline

Ketua Panitia Pelaksana ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 Anton Sumarli menyampaikan acara ini akan dilaksanakan secara offline dan online, sehingga para pengunjung selain berkunjung ke Mall PIK  Avenue, juga dapat melihat showcase travel fair melalui website serta berinteraksi secara langsung dengan travel assistant dari para travel agent.

Turut berpartisipasi dalam acara ini selain 15 Travel Agent, ada 4 desa wisata pemenang Anugerah Desa Wisata 2021, 13 maskapai penerbangan domestic dan internasional yakni All Nippon Airways, Cathay Pacific, China Airlines, Citilink, Etihad Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Japan Airlines, Nam Air, Qatar Airlines, Qantas Airways, Singapore Airlines, Sriwijaya Air, Super Air jet. Tak ketinggalan badan promosi  pariwisata luar negeri pun turut hadir memeriahkan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022, yaitu Tourism  Australia yang menjadi preferred destination, Korea Tourism Organization, Tourism Authority of Thailand,  Singapore Tourism Board dan Tourism Malaysia.

“Diharapkan dalam periode 4 (empat) hari ASTINDO Travel Fair 2022 ini, dapat dihadiri oleh lebih dari 10.000 pengunjung langsung, selain juga dihadiri secara online dari berbagai penjuru Indonesia. Selain itu, dalam rangka mendukung program pemerintah yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif, ASTINDO akan mensubsidi harga Paket Wisata Domestic, khususnya untuk  tujuan ke 5 (lima) Destinasi Super Prioritas (DSP). Sehingga paket-paket wisata ke 5 DSP tersebut  akan lebih terjangkau,” tambah Anton.

Penyelenggaraan ASTINDO Hybrid Travel Fair 2022 didukung oleh Kementerian Perhubungan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI .Jakarta dan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Selain itu, ASTINDO juga berkolaborasi dengan BCA sebagai bank partner yang akan menyediakan kemudahan transaksi pembayaran melalui payment link, serta potongan harga khusus bagi pemegang kartu kredit BCA. Setiap transaksi tiket selama pameran pun akan mendapatkan free travel insurance dari BCA Insurance. Galileo Travelport Indonesia dan ATI Technology turut berperan dalam menyediakan platform reservasi serta display bagi pengunjung virtual.

“ASTINDO tentunya berharap travel fair kami menjadi salah satu pemicu semangat bagi teman-teman travel agent. Kami secara konsisten sejak pandemi terus berupaya mengadakan aktivitas untuk para anggota, dari mulai training, webinar, talk show, travel mart, travel fair, dsb. Tentunya dengan tujuan agar anggota kita dapat mengembangkan bisnis travel agent pada khususnya, dan berperan aktif dalam pengembangan industri pariwisata Indonesia pada umumnya,” Tutup Pauline. (*)

BERITA REKOMENDASI