Bai Populo Gelar Konser Amal Sandy Sandhoro

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Desainer internasional Bai Soemarlono atau yang kondang dengan nama Bai Populo menggelar konser amal menghadirkan penyanyi Sandy Sandhoro di Ohmm Stay kawasan Candisari Kalasan Sleman, Jumat (18/12/2020) malam. Dana yang terkumpul dalam konser amal ini nantinya akan didonasikam kepada para seniman tradisional yang tinggal di Candisari.

Aksi penggalangan dana bertajuk ‘The Sun Will Shine Again’ ini mengundang para sosialita di Yogya. Tamu yang diundang cukup terbatas, hanya sekitar 20 orang saja dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat di lokasi pertunjukan.

Bai Populo menerangkan pandemi Covid-19 membawa dampak yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat, tak terkecuali para seniman. Saat ini mereka benar-benar tak bekerja, lantaran panggung hiburan tengah redup sinarnya terimbas Corona.

“Lebih ingin berbagi saja kepada para seniman. Saya juga hidup dalam keluarga pelaku seni, jadi bisa merasakan apa yang saat ini mereka rasakan. Semoga ini menjadi semangat baru bagi mereka,” kata desiner yang tersohor dengan karya-karya batiknya ini.

Ia menjelaskan, di Candisari tempat dimana Bai Populo membuka bisnis penginapan bernama Ohmm Stay terdapat banyak seniman tradisional. Beberapa diantara mereka ada yang menggeluti sebagai dalang, sinden, penabuh gamelan tak terkecuali penari.

Bai Populo berkeinginan untuk mengajak mereka bangkit dan berkesenian kembali. Salah satunya dengan menggelar kegiatan-kegiatan seni maupun konser amal serupa pada waktu yang akan datang.

Seperti yang akan digelar pada Jumat (25/12/2020) mendatang. Tanggal tersebut merupakan hari ulang tahun Bai Populo dan ia spesial bakal membawakan tari klasik yang akan diiringi hanya beberapa pengrawit saja.

Pentasan tari Bai Populo ini akan disiarkan secara daring melalui Instagram, Facebook hingga channel YouTube. Dalam kesempatan ini Bai Populo tak ketinggalan akan melelang busana hasil karyanya dan uang hasil lelang ia donasikan bagi para seniman Candisari.

“Konsepnya tetap sama yakni konser amal. Setelah seluruh donasi terkumpul baru akan diserahkan kepada para seniman di sini yang benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Sandy Sandhoro ditemui usai tampil mengaku bangga dapat menghibur masyarakat Yogya sekaligus beramal. Baginya konser amal seperti ini merupakan kegiatan untuk saling memberi dan mensuport bagi sesama pekerja seni.

“Karena hidup itu ‘take and give’. Saat ini banyak yang tidak mampu, kita harus bisa saling suport agar bermanfaat. Ini merupakan awal, jadi dari yang kecil dahulu,” kata Sandy Sandhoro yang merupakan sahabat Bai Populo saat berada di Berlin Jerman

Dalam konser amal ini Sandy Sandhoro tampil solo dengan gitar akustiknya. Beberapa lagu hits seperti ‘Malam Biru’ maupun ‘Tak Pernah Padam’ dibawakan penyanyi bersuara serak ini untuk mengobati kerinduan para penggemar di Yogya. (*)

BERITA REKOMENDASI