Bangkit Melawan Corona, Astindo Hidupkan Pariwisata Yogya

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Kehidupan pariwisata di Yogya mulai menggeliat setelah sempat vakum lantaran pandemi Covid-19 melanda negeri ini sejak Maret silam. Seluruh masyarakat yang terlibat dalam sektor pariwisata kini berbenah guna menyambut kembali para wisatawan yang telah lama merindukan keindahan Yogya.

Salah satunya dilakukan Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) DPD DIY. Asosiasi yang membawahi travel agen di DIY tersebut telah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan wisatawan dalam kehidupan adaptasi baru ini.

“Hampir selama sembilan bulan pariwisata mati suri. Kami ingin menghidupkan kembali kegiatan pariwisata di DIY yang sebelum pandemi banyak wisatawan hadir di sini,” kata Ketua I Astindo DPD DIY, Erwin Santoso usai Musdalub Astindo DPD DIY di Hotel Ibis Style Yogyakarta, Senin (23/11/2020).

Ia mengatakan dalam menyambut wisatawan, Astindo DIY yang memiliki anggota dari 20 travel agen ini mengaku telah menerapkan standar pelaksanaan protokol kesehatan seperti yang telah ditentukan. Diantaranya bagi para guide (pemandu wisata) wajib untuk mengenakan masker dan face shild, demikian juga bagi wisatawan.

Selai itu di tiap-tiap pool travel, wajib menyediakan tempat mencuci tangan dan sabun. Armada travel juga wajib menyiapkan handsanitizer serta masker jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh wisatawan saat berwisata.

“Untuk armada yang memasuki pool juga dilakukan pembersihan dan penyemprotan. Tempat duduk di armada mobil maupun bus juga tidak bisa seluruhnya ditempati, hanya 50 – 70 persen kursi saja yang boleh dipergunakan,” jelasnya.

Ia berharap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini dapat membuat wisatawan aman dan nyaman saat berkunjung di Yogya. Selain itu upaya ini juga menjadi bagian dari memutus rantai penularan Covid-19 di tengah masyarakat.

Dalam musdalub ini, Riyanto dari Satu Jalan Tour ditetapkan sebagai Ketua Astindo DPD DIY. Riyanto terpilih secara aklamasi setelah seluruh anggota bersuara bulat memilih dirinya untuk memimpin Astindo periode empat tahun ke depan.

Riyanto mengatakan sebenarnya Astindo telah ada sejak tahun 2013. Namun baru empat tahun berjalan Astindo vakum dan mulai bangkit kembali saat ini dengan kepengurusan baru.

“Ada keinginan dari Astindo pusat untuk menghidupkan kembali di daerah. Keinginan tersebut juga direspon oleh kami di daerah sehingga Astindo DPD DIY memang harus tetap eksis,” jelasnya.

Untuk program terdekat, Astindo pada awal tahun depan berencana mengundang para pengelola travel agen untuk datang ke Yogya. Dari kegiatan ini akan ditunjukan bagaimana para pelaku wisata maupun obyek di Yogya telah bersiap menerima wisatawan dengan segala kelengkapan yang mendukung protokol kesehatan.

“Yang ingin kami sampaikan bahwa Yogya aman untuk dikunjungi. Harapan nantinya para travel agen dapat menyampaikan kepada wisatawan bahwa tak perlu takut dan khawatir untuk berkunjung ke Yogya karena di sini aman,” pungkasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI