BPKH Luncurkan Beasiswa ‘Sang Surya’ Bagi Mahasiswa Muhammadiyah

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan program beasiswa ‘Sang Surya’. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah yang ada di tanah air. Dalam program ini BPKH menggandeng LASIZMU sebagai lembaga penyalur beasiswa.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Anggito Abimanyu mengungkapkan untuk tahap pertama beasiswa diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa terbaik dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pada tahap ini sebanyak 60 mahasiswa yang lulus seleksi sesuai kriteria dan ketentuan berhak mendapatkan beasiswa tersebut.

“Fakultas calon penerima berasal dari Fakultas Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syariah. Selain berprestasi dengan IPK Minimal 3,25 pemberian beasiswa ini diutamakan berasal dari keluarga tidak mampu dengan bukti surat keterangan tidak mampu dari pihak terkait,” kata Anggito Abimanyu saat menyerahkan secara sombolis program beasiswa Sang Surya di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Kamis (30/10/2021).

Anggito Abimanyu mengungkapkan beasiswa yang diberikan berupa bantuan SPP semesteran ini bersumber dari dana abadi umat yang dikelola oleh BPKH. Hasil dari penglolaan tersebut kemudian oleh BPKH didistribusikan bagi kemaslahatan umat.

“Terobosan program kemaslahatan BPKH ini untuk dapat memberikan bantuan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya. Kedepannya program serupa dapat terus dikembangkan dengan menggandeng mitra kerjasama yang lain,” terangnya.

Ia menegaskan BPKH bertindak selaku pihak yang menyediakan pendanaan, sementara LAZISMU sebagai koordinator program yang menyiapkan panduan mulai dari teknis pelaksanaan, kelengkapan formulir dan monitoring evaluasi. Anggito Abanyu berharap dengan program ini dapat membantu mahasiswa yang memiliki potesi ademik yang bagus namun terkendala permasalaham biaya perkuliahan.

Ketua Badan Pengurus LASIZMU Pusat, Mahli Zainudin mengatakan pada tahap pertama ini akan disalurka Rp 8 juta bagi tiap mahasiswa penerima beasiswa. Tahap ini akan berlangsung selama satu tahun dan kemudian segera dilaksanakan tahap kedua dengan mencakup mahasiswa lebih banyak lagi dari berbagai kampus Muhammadiyah.

“Yang menentukan mahasiswa penerima beasiswa dari perguruan tinggi masing-masing. Di sana telah ada daftar mahasiswa yang berhak menerima beasiswa, LASIZMU bertugas menyalurkam program dari BPKH tersebut,” jelas Mahli Zainudin.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Muhammadiyah H Agung Danarto. Selain peluncuran Beasiswa Sang Surya, sesuai dengan Rencana Investasi Tahunan BPKH tahun 2021 salah satu sasaran investasi langsung dan lainnya BPKH adalah pada sektor kesehatan dan pendidikan yang dikelola oleh ormas Islam.

BPKH berencana melakukan investasi pada Rumah Sakit dan Kampus yang dikelola Persyarikatan Muhammadiyah sesuai dengan kaidah investasi BPKH. Sebagai langkah awal, akan mulai dari RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

BPKH berharap dapat melakukan impact investment (investasi berdampak). Tidak hanya menghasilkan imbal hasil, tetapi juga memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan menjadi bagian dari solusi pembangunan bangsa dan umat.

Dalam rangkaian kegiatan di Yogyakarta, Program kemaslahatn BPKH juga melakukan serah terima dan peresmian bantuan pembangunan masjid. Beberapa masjid tersebut diantaranya Masjid Al Ittihad Ngemplak Sleman, Masjid Yayasan Darussalam Dongkiron dan Pembangunan Penyempurnaan Gedung Madrasah Mualimin Sedayu Bantul. (Van)

BERITA REKOMENDASI