Bupati Minta Warga Bantul Selalu Patuhi Prokes

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Selama pandemi belum berakhir, prtokol kesehatan (prokes) harus terus diterapkan. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas di luar rumah wajib dilaksanakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini ditegaskan Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat menghadiri salah satu diskusi di Banguntapan, Sabtu (13/11/2021).

“Kalau prokes tetap. Sampai pandemi dinyatakan berhenti kita tetap harus bermasker, harus melakukan protokol-protokol kesehatan yang lain karena pandemi bvelum berakhir. Covid-19 masih ada dimana-mana, bisa di takziah, di sekolah maupun dimana saja,” kata Abdul Halim Muslih.

Setelah ada kelonggaran aktivitas seiring dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) DIY yang berada pada Level 2 memang diakui bupati kembali terjadi sedikit kenaikan penambahan angka Covid-19. Salah satu yang terjadi baru-baru ini yakni dengan ditemukannya kaster baru di sekolah wilayah Sedayu.

Tindakan cepat segera dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dengan menutup sekolah tersebut guna menghentikan penularan Covid-19 lebih luas lagi. Setelah dilakukan tracing ternyata tak hanya murid saja, namun guru juga ada yang dinyatakan terkonfirmasi.

“Klaster itu munculnya dari takziah di kampung salah seorang guru di sekolah tersebut. Ia ikut dalam takziah tersebut, jadi penularan dimulai dari taziah dan guru tersebut menularkan ke guru yang lain kemudian ke siswa,” ungkapnya.

Namun demikian Abdul Halim Muslih memastikan siswa dan guru yang dinyatakan positif Covid-19 kesemuanya tanpa gejala. Mereka telah menjalani isolasi serta pemulihan dan kondisinya dibawah pengawasan petugas puskesmas masing-masing wilayah.

Untuk saat ini sekolah tersebut masih ditutup dan menunggu hasil evaluasi lebih lanjut. Setelah situasi dinyatakan memungkinkan untuk dibuka, maka prooses pendidikan di sekolah dengan pembelajaran tatap muka (PTM) akan kembali berlangsung.

Bupati mengingatkan kepada warga Bantul untuk selalu menerapkan prokes. Walau vaksinasi telah dijalani namun prokes wajib dilaksanakan untuk menghindari penyebaran Covid-19 terulang menjadi kalster baru. (Van)

BERITA REKOMENDASI