Ciputra Group Dukung Percepatan Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – DIY terus mengejar target vaksinasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Segala upaya dan sinergi dengan berbagai kalangan terus dilakukan dalam percepatan program ini guna menciptakan herd imunity atau kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Ketua Badan Pengurus Daerah Asosiasi Kelompok UPPKS (BPD AKU), Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan vaksinasi di DIY ditergetkan hingga akhir Agustus mampu mencapai 70 persen. Namun karena banyak kendala yang harus dihadapi sehingga angka tersebut belum bisa tercapat.

“Kita masih pada angka sekitar 50 – 58 persen. Jadi kita masih perjalanannya cukup jauh untuk mencapai 70 persen. Makanya ini seluruh dinas bekerjasama dengan siapapun untuk berkolaborasi demi percepatan vaksinasi,” kata GKR Bendara saat meninjau langsung kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Ciputra Group bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DIY yang dilaksanakan di Apartemen Barsa City, Jumat (27/08/2021).

Salah satu upaya yang dilakukan dalam percepatan ini yakni membuka akses vaksinasi seluas-luasnya bagi masyarakat luar yang berada di DIY. Selama masyarakat berdomisili dan beraktivitas di daerah ini, walau bukan ber-KTP DIY tetap bisa mengikuti vaksinasi di sini.

“Warga luar Yogya bisa, karena banyak warga luar Yogya tapi domisilinya di sini. Harusnya hal seperti ini dibukakan pintu selebar-lebarnya. Bagaimanapun ada di Yogya disengkuyung semuanya, tak hanya bagi yang di Yogya saja,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, selain warga luar DIY masih ada kelompok masyarakat akan dikejar saat ini yakni dari kalangan difabel. Walau angkanya tidak banyak, namun kelompok ini patut diperhatikan juga sebagai bentuk perhatian atas pemenuhan hak-haknya.

“Sebenarnya yang sangat emergency adalah difabel, dikarenakan vaksinnya sudah ada tetapi karena akses dan banyak hal sehingga membuat mereka sulit ke lokasi. Jadi Yogya sedang mengajar divabel yang angkanya masih 15 persen,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Ciputra Group, Agung Krisprimandoyo mengatakan program vaksinasi ini merupakan bentuk CSR Ciputra Group yang diselenggarakan secara berkesinambungan. Kegiatan penyuntikan vaksin dibagi dalam dua tahap, dimana pelaksanaan dilakukan pada tanggal 27 – 28 Agustus.

“Hari ini ditergetkan 500 warga dan besok juga 500 warga jadi total ada 1.000 warga yang akan menerima vaksinasi. Diharapkan hal ini dapat membantu percepatan program vaksinasi sebagai bagian dari pengendalian Covid-19,” kata Agung Krisprimandoyo didampingi Marketing Manager Barsa City, Yhonas Oktavian.

Ia menambahkan dalam rangka HUT Ciputra ke-40, Barsa City Yogyakarta turut berkomitmen untuk menyukseskan program percepatan vaksinasi Covid-19 secara nasional. Tingginya minat masyarakat untuk mendapatkan vaksin harus diimbangi dengan pelaksanaan vaksinasi di berbagai wilayah.

“Sosialisasi manfaat vaksinasi untuk masyarakat juga terus disosialisasikan agar semua masyarakat mempunyai kesadaran diri dan mengerti tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi Covid- 19. Diharapkan dengan kegiatan ini, herd immunity segera tercapai dan pandemi Covid-19 segera teratasi, sehingga pemulihan ekonomi nasional dapat terwujud,” jelasnya. (Van)

BERITA REKOMENDASI