Dalam Penyidikan Tak Dibenarkan Adanya Dua Sprindik

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Surat perintah penyidikan (sprindik) menjadi dasar bagi seorang penyidik untuk melakukan penyidikan suatu perkara. Dalam suatu penyidikan tidak benarkan adanya dua sprindik. Jika ada dua sprindik maka sprindik yang pertama harus dibatalkan terlebih dahulu.

Hal ini ditegaskan JS Murdomo SH MHum di Pengadilan Negeri (PN) Bantul, Jumat (31/12/2021). Dosen Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta ini hadir sebagai saksi ahli dalam perkara praperadilan yang diajukan Leohardy Fanani kepada Polres Bantul.

“Kecuali kalau sprindik yang pertama kemudian dibatalkan, itu bisa diterbitkan sprindik yang kedua. Jadi misal dalam pra peradilan mengabulkan pemohon, bisa jadi diterbitkan sprindik berikutnya. Dalam hal ini sprindik baru,” jelasnya di hadapan hakim Gatot Raharjo SH.

Ia mengatakan penyidik dalam proses mengumpulkan keterangan alat bukti dan sebagainya harus obytektif. Keterangan baik dari pelapor maupun terlapor harus berimbang, sehingga penyidik akan mendapatkan informasi kedua belah pihak.

“Dari situ akan dikonstruksikan apakah ini pidana, apakah ini perdata. Di situlah dari alat bukti yang ada menjadi kewenangan penyidik, ini dilanjutkan atau tidak,” tambahnya.

Murdomo juga menyatakan penetapan tersangka itu menyangkut hak asasi manusia, karena itu terkait nama baik yang bersangkutan, keluarganya atau yang lain. Dengan demikian maka penetapan tersangka itu lebih dari aspek perlindungan hak asasi manusia.

Sidang praperadilan ini dihadiri pemohon yang diwakili kuasa hukum Dadang Danie SH. Sedangkan dari pihak Polres Bantul hadir sebagai kuasa hukum tim dari Polda DIY yang diketuai Heru Nurcahya SH.

Praperadilan ini diajukan pemohon lantaran menilai banyak prosedur yang dilanggar oleh penyidik dalam proses penyelidikan hingga ia ditetapkan sebagai tersangka. Salah satu prosedur yang dilanggar menurutnya yakni tidak adanya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) bagi dirinya, selain itu dalam proses penyidikan terdapat dua sprindik. (Van)

BERITA REKOMENDASI